Soal No.1 dari 60
Madrasah harus senantiasa menyesuaikan diri
dengan kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat. Perubahan dalam
teknologi menuntut adanya inovasi yang berkelanjutan. Sebagai contoh, Madrasah
Aliyah alifbata telah beradaptasi dengan perubahan tersebut dengan
menghadirkan inovasi berupa pemberian hadiah sayur mayur dan sembako kepada
orang tua atau siswa yang berbelanja di alifbata-Mart pada tanggal 1 awal
bulan, serta memberikan masukan atau testimoni secara digital terhadap layanan
yang diberikan.
Apa tujuan Madrasah
Aliyah Alifbata dengan Alifbata-Mart yang mereka jalankan?
Jawaban
A Menumbuhkan motivasi berbelanja di
Alifbata-Mart melalui layanan berbeda.
B Mendorong pembelian dan
omset penjualan produk meningkat laba instan tercapai sesuai
target.
C Alifbata-Mart tidak menghadirkan
inovasi dalam produknya, tetapi fokus pada inovasi dalam pelayanan kepada
konsumen.
D Strategi untuk mendatangkan
pelanggan agar lebih banyak berbelanja ditanggal ‘muda’ dengan stimulus
hadiah.
E Membangun loyalitas
merek Alifbata-Mart dan inovasi produk.
Soal No.2 dari 60
Pak Indra selaku Kepala Madrasah Al Ikhlas
berencana melakukan supervisi akademik perangkat pembelajaran mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil dari supervisi perangkat pembelajaran pada
semester sebelumnya menunjukkan bahwa terdapat guru yang belum melengkapi
perangkat pembelajaran dan juga terdapat guru yang belum menyusun Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD).
Agar hal tersebut tidak terulang lagi, tindakan
yang sebaiknya dilakukan oleh kepala madrasah adalah ....
Jawaban
A melakukan studi banding ke
madrasah/sekolah lain
B membina guru agar menjadi guru
profesional
C membuat tim supervisi yang
membantu dalam menyusun LKPD
D menyusun jadwal supervisi
akademik
E membagikan instrumen supervisi
perangkat pembelajaran
Soal No.3 dari 60
Kepala madrasah sering dihadapkan pada
pengambilan keputusan yang cepat dan bijak berdasarkan prioritas dalam hal
pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana terutama ketika anggaran
pemeliharaan sarana dan prasarana terbatas.
Manakah dari situasi berikut ini yang
seharusnya menjadi prioritas kepala madrasah?
Jawaban
A pembelian
peralatan komputer baru untuk laboratorium komputer
B pemugaran
ulang pagar keliling lingkungan madrasah
C pengecatan
ulang dinding bangunan madrasah
D perbaikan
atap yang bocor di salah satu gedung kelas
E pembelian
buku-buku teks baru untuk perpustakaan madrasah
Soal No.4 dari 60
Pak Bahri memiliki komitmen untuk melaksanakan
supervisi akademik secara rutin. Berdasarkan pada hasil praobservasi
diketahui bahwa Bu Agustin mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran
kolaboratif. Untuk itu, Pak Bahri ingin melakukan pendampingan proses
pembelajaran di kelas Bu Agustin. Hal ini perlu dilakukan oleh Pak Bahri untuk
menolong Bu Agustin dalam mengatasi masalah di dalam kelas.
Yang dilakukan oleh Pak Bahri merupakan teknik
supervisi akademik ….
Jawaban
A observasi
kelas
B pertemuan
khusus
C kunjungan
kelas
D menilai
diri sendiri
E pertemuan
individual
Soal No.5 dari 60
Pak Nur adalah Kepala Madrasah yang sedang
melaksanakan supervisi akademik. Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran,
Pak Nur melakukan pengecekan perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan
guru terkait dengan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam
pengecekan dokumen, Pak Nur menemukan RPP yang dibuat guru, tertulis tanggal
dan tahun pelajaran tahun yang lalu, dan terdapat kesalahan dalam penghitungan
pekan pada kalender pendidikan.
Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Nur
adalah ....
Jawaban
A memberi peringatan dan sanksi
kepada guru-guru yang tidak bisa menyusun RPP
B mendampingi guru dalam menjabarkan
silabus menjadi RPP
C membantu guru mengembangkan
kemampuan mengelola proses pembelajaran
D membina guru agar menjadi tenaga
profesional dalam menyusun RPP
E meminta guru agar mengikuti
pelatihan penyusunan RPP
Soal No.6 dari 60
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi informasi berbasis komputer dan internet dewasa ini menuntut kepala
madrasah untuk dapat mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses
pembelajaran. Munculnya berbagai platform belajar online berbasis aplikasi juga
sudah menjadi tuntutan untuk dikuasai guru.
Menyikapi dinamika perubahan yang sangat cepat ini,
tindakan kepala madrasah yang tepat ketika kompetensi guru terhadap platform
belajar online tidak merata adalah …
Jawaban
A menyarankan
guru menggunakan platform belajar online dalam pengumpulan tugas siswa
B menginstruksikan
guru mengintegrasikan platform belajar online dalam kegiatan pembelajaran
C mengikutsertakan
guru pada kegiatan pelatihan pembelajaran berbasis platform belajar online
D menuntut
guru untuk dapat menguasai platform belajar online dalam kegiatan pembelajaran
E menyarankan
guru untuk menggunakan sumber belajar online
Soal No.7 dari 60
Manakah pernyataan berikut ini yang paling
efektif untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan sebuah
madrasah?
Jawaban
A
Meningkatkan jumlah pengeluaran
untuk semua kegiatan ekstrakurikuler tanpa evaluasi kebutuhan sebenarnya.
B Mengalokasikan
anggaran secara acak ke berbagai departemen tanpa mempertimbangkan laporan
keuangan tahun sebelumnya.
C Mengadakan
rapat tahunan untuk meninjau penggunaan anggaran tanpa melibatkan auditor
eksternal.
D Menyimpan
semua catatan keuangan hanya dalam format kertas dan tidak menggunakan sistem
keuangan.
E Menerapkan
sistem pelaporan keuangan yang terintegrasi untuk memantau dan mengontrol
aliran dana secara real time.
Soal No.8 dari 60
Pak Nafiq, selaku kepala madrasah, telah
menginisiasi program edukasi perbengkelan di madrasah. Program ini berfungsi
sebagai sumber pembelajaran dalam mengelola kegiatan produksi dan jasa, serta
memberikan pelayanan kepada masyarakat umum.
Mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai
sumber pembelajaran bagi peserta didik merupakan salah satu dimensi kompetensi
penting bagi kepala madrasah, yaitu kompetensi …
Jawaban
A sosial
B kewirausahaan
C produktivitas
D kepribadian
E manajerial
Soal No.9 dari 60
Seorang kepala madrasah bertanggung jawab untuk
merancang instrumen monitoring dan evaluasi yang berkeadilan, terutama untuk
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Instrumen tersebut harus memastikan bahwa
anak-anak dengan kebutuhan khusus menerima pendidikan yang setara.
Manakah dari pernyataan berikut yang
mencerminkan pendekatan yang benar dalam merancang instrumen ini?
Jawaban
A Menyusun
instrumen yang mengidentifikasi kelemahan anak-anak berkebutuhan khusus dan
menilai kemampuan mereka hanya pada aspek non-akademik.
B Memisahkan
anak-anak berkebutuhan khusus dari anak-anak lain untuk meminimalkan gangguan
dalam pembelajaran.
C Mengurangi
standar akademik untuk anak-anak berkebutuhan khusus agar mereka merasa lebih
nyaman.
D Menerapkan
prinsip inklusi, memastikan akses yang setara terhadap kurikulum dan penggunaan
instrumen yang memungkinkan penilaian berbasis pada kemampuan dan potensi
setiap anak.
E Memberikan
instrumen yang sama persis untuk semua siswa tanpa mempertimbangkan kebutuhan
khusus mereka.
Soal No.10 dari 60
Sholihatul adalah sosok siswi yang ceria.
Setiap pagi, ia menitipkan kreasi kripik bonggol pisang buatannya di madrasah.
Setelah pulang madrasah, ia juga mengantarkan pesanan kripik bonggol pisang
secara online kepada tetangga dan teman-temannya. Sebagian dari keuntungannya
ia tabung dan sisanya digunakan untuk keperluan belajarnya.
Karakter wirausaha yang dibangun pada diri
Sholihatul adalah ....
Jawaban
A ketidakyakinan
B menghindari
risiko
C inisiatif
D ketergantungan
E pasifitas
Soal No.11 dari 60
Staf administrasi madrasah adalah mitra kepala
madrasah dalam pengelolaan perlengkapan sekolah, teknologi, dan
fasilitas yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran agar kegiatan
pembelajaran berjalan lancar dan efektif.
Pernyataan di atas mencerminkan peran staf
administrasi madrasah dalam aspek ….
Jawaban
A pengelolaan
pembelajaran
B pengelolaan
sumber daya
C pendokumentasian
data
D pengelolaan
data
E pengelolaan
fasilitas sekolah
Soal No.12 dari 60
Pak Hanif selaku Kepala Madrasah Al Ikhlas
berencana melakukan supervisi akademik perangkat pembelajaran mata pelajaran
Fisika. Hasil dari supervisi perangkat pembelajaran pada semester sebelumnya
menunjukkan bahwa ada guru yang belum melengkapi perangkat pembelajaran dan ada
guru belum menyusun instrumen penilaian.
Agar hal tersebut tidak terulang lagi, tindakan
yang sebaiknya dilakukan oleh kepala madrasah adalah ....
Jawaban
A menyusun
jadwal supervisi akademik
b membina
guru agar menjadi guru profesional
c membagikan
instrumen supervisi perangkat pembelajaran
d membuat
tim supervisi yang membantu dalam menyusun instrument penilaian
e melakukan
studi banding ke madrasah/sekolah lain
Soal No.13 dari 60
Aisyah tidak hanya memiliki keterampilan dalam
mengidentifikasi produk baru, tetapi juga memiliki perspektif yang mendalam
tentang cara pemrosesan produk secara bertahap, serta pengelolaan modal hingga
strategi pemasarannya.
Nilai-nilai kewirausahaan apa yang tidak
tercermin dari sikap dan karakter Aisyah?
Jawaban
A Komitmen
dan Determinasi: Keterampilan bertahap dalam pengelolaan proses dari
pengembangan hingga pemasaran mencerminkan komitmen dan determinasi yang kuat.
B Manajemen:
Kemampuannya dalam mengelola modal dan strategi pemasaran menunjukkan keahlian
dalam manajemen sumber daya dan operasi.
C Keberuntungan:
Sikap dan karakter Aisyah mencerminkan bahwa kesuksesannya sebagian besar
bergantung pada keberuntungan.
D Visi:
Dia memiliki pemahaman mendalam tentang proses pengembangan produk, menunjukkan
visi jangka panjang dalam melihat potensi produk.
E Inovasi:
Aisyah menunjukkan kreativitas dan kemampuan inovatif dalam mengidentifikasi
produk baru.
Soal No.14 dari 60
Dalam rangka penjaminan mutu pendidikan di
sebuah madrasah, proses pengawasan yang dilakukan oleh satuan pendidikan tidak
terbatas pada evaluasi akhir tahun saja; sebaliknya, selama tahun ajaran
berlangsung, satuan pendidikan secara rutin melakukan pemantauan dan penilaian
internal untuk memastikan bahwa program dan kegiatan pendidikan berjalan sesuai
rencana.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan
kegunaan dari hasil evaluasi mutu madrasah adalah ….
Jawaban
A sebagai
evaluasi kinerja guru dan mengambil tindakan tegas jika diperlukan
B sebagai
peta mutu madrasah berikutnya
C sebagai
dasar untuk menyusun rencana kerja berikutnya
D sebagai
dasar penentuan standar kinerja
E sebagai
dasar dalam menentukan standar kinerja madrasah
Soal No.15 dari 60
Dalam penempatan peserta didik baru, madrasah
memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap peserta didik
diperlakukan dengan adil dan setara, tanpa adanya perlakuan
diskriminatif.
Untuk mencapai hal tersebut, faktor yang perlu
dipertimbangkan dalam proses penempatan peserta didik baru adalah sebagai
berikut, kecuali ….
Jawaban
A hasil
asesmen awal tentang potensi dan kemampuan peserta didik baru
B hasil
asesmen awal tentang minat peserta didik baru
C kurikulum
yang digunakan oleh madrasah
D kondisi
ekonomi dan sosial keluarga peserta didik baru
E kesesuaian
jumlah siswa dengan daya tampung di setiap kelas
Soal No.16 dari 60
Sebagai Kepala Madrasah Insan Madani yang baru,
Pak Haris menyusun program supervisi akademik. Program tersebut disampaikan
pada rapat dewan guru. Namun, ada permohonan dari salah satu guru agar
supervisi dilaksanakan hanya fokus pada satu model pembelajaran aktif dengan
alasan agar guru dapat mendalaminya dengan baik, sehingga diperlukan
pendampingan tentang model pembelajaran aktif.
Analisis tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh
kepala madrasah adalah ....
Jawaban
A memenuhi
pemintaan guru melaksanakan pendampingan pembelajaran aktif sebelum pelaksanaan
supervisi
B mengkoreksi
guru tersebut karena hanya meminta fokus pada satu model pembelajaran pada
pelaksanaan supervisi akademik
C melakukan
pendekatan secara pribadi dan meminta guru tersebut untuk mendalami sendiri
sebelum pelaksanaan supervisi akademik
D meminta guru senior untuk melakukan pendampingan agar guru dapat
fokus pada satu model pembelajaran aktif saat pelaksanaan supervisi
akademik
E membebaskan guru untuk tidak menjadi sasaran pelaksanana supervisi
akademik oleh kepala madrasah karena hanya fokus pada satu model pembelajaran
aktif
Soal No.17 dari 60
Pak Heri selaku Kepala Madrasah Al Ikhlas
berencana melakukan supervisi akademik perangkat pembelajaran mata pelajaran
Fiqh. Pada semester sebelumnya, terjadi pelaksaan kegiatan supervisi yang
berbenturan antara beberapa orang guru, sehingga harus ditunda pelaksanaan
supervisi pembelajarannya.
Agar hal tersebut tidak terulang lagi, tindakan
yang sebaiknya dilakukan oleh kepala madrasah adalah ....
Jawaban
A membagikan
instrumen supervisi perangkat pembelajaran
B melakukan
studi banding ke madrasah/sekolah lain
C membuat
tim supervisi yang membantu dalam menyusun RPP
D menyusun
jadwal supervisi akademik
E membina
guru agar menjadi guru profesional
Soal No.18 dari 60
Seorang wirausaha yang berusaha untuk tetap
kompetitif selalu memperhitungkan risiko, pandai merancang bisnisnya,
mengoptimalkan peluang, dan bertindak solutif untuk mencapai target usahanya.
Berikut ini adalah contoh dari perilaku kerja
prestatif, yaitu sikap kerja yang …
Jawaban
A bergantung
pada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan atau mengambil keputusan.
B merasa
tidak mampu atau tidak memiliki keyakinan dalam kemampuan sendiri.
C prokrastinasi
D konsistensi
dan ketekunan dalam menjalankan tugas-tugasnya, serta berusaha untuk memberikan
hasil terbaik dalam setiap tugas yang dilakukan.
E menghindari
konflik atau ketegangan dalam hubungan kerja tanpa mencari solusi yang tepat.
Soal No.19 dari 60
Kepala madrasah berkeinginan untuk menciptakan
lingkungan pendidikan yang inklusif dan adil bagi semua peserta didik, termasuk
anak berkebutuhan khusus dengan melibatkan kolaborasi aktif pendidik dan tenaga
kependidikan.
Untuk mewujudkan hal tersebut, tindakan awal
kepala madrasah dalam merancang program yang efektif adalah ….
Jawaban
A menyelenggarakan
pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan tentang penyelenggaraan
pembelajaran yang ramah anak berkebutuhan khusus
B mengidentifikasi
kebutuhan dan tantangan yang dihadapi pendidik dan tenaga kependidikan dalam
menyelenggarakan pendidikan inklusif
C mengadakan
pertemuan rutin sekali setahun dengan melibatkan pendidik dan tenaga
kependidikan untuk membahas isu-isu terkait anak berkebutuhan khusus
D memberikan
fasilitas tambahan secara khusus kepada peserta didik berkebutuhan khusus dan
pendidik yang mengajar di kelas peserta didik berkebutuhan khusus
E membangun
fasilitas sekolah yang ramah terhadap anak berkebutuhan khusus berdasarkan
masukan pendidik dan tenaga kependidikan
Soal No.20 dari 60
Berikut ini terdapat beberapa pernyataan.
Pernyataan yang menurut Anda benar adalah ...
Jawaban
A Tindak
lanjut pelaksanaan supervisi akademik merupakan pembinaan dan teguran
yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang
telah memenuhi standar. Namun, koreksi yang bersifat mendidik diberikan
kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi
standar.
B Tindak
lanjut pelaksanaan supervisi akademik
merupakan penguatan dan penghargaan yang diberikan
kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang telah memenuhi
standar. Namun, pembinaan (coach) yang bersifat mendidik diberikan
kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi
standar.
C Tindak
lanjut pelaksanaan supervisi akademik merupakan
pembinaan dan penguatan yang diberikan kepada guru dan
tenaga kependidikan madrasah yang telah memenuhi standar. Namun,
pembinaan (coach) yang bersifat mendidik diberikan kepada guru dan
tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi standar.
D Tindak
lanjut pelaksanaan supervisi akademik merupakan pembinaan
dan penghargaan yang diberikan kepada guru dan tenaga
kependidikan madrasah yang telah memenuhi standar. Namun, teguran
yang bersifat mendidik diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan
madrasah yang belum memenuhi standar.
E Tindak
lanjut pelaksanaan supervisi akademik
merupakan penguatan dan koreksi yang diberikan
kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang telah memenuhi
standar. Namun, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada
guru dan tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi
standar.
Soal No.21 dari 60
Muhammad Yunus, penerima Nobel di bidang
sosial, mendirikan Grameen Bank yang berfokus pada melayani dan memberdayakan
kaum miskin di Bangladesh.
Contoh teladan nyata dari Muhammad Yunus yang
dapat diintegrasikan di madrasah adalah...
Jawaban
A menekankan
pentingnya investasi di pasar saham.
B mengajarkan
cara menggunakan media sosial untuk menjadi selebriti.
C mengajarkan
siswa cara bermain game online untuk mendapatkan uang.
D menganjurkan
siswa untuk mengutamakan karier di sektor teknologi tinggi.
E mengajarkan
prinsip kewirausahaan sosial kepada siswa untuk memberdayakan komunitas.
Soal No.22 dari 60
Sistem yang terintegrasi melalui platform
digital berbasis teknologi sejauh ini terbukti sangat efektif dalam menyajikan
informasi yang akurat dan up-to-date. Sistem tersebut dapat mempermudah proses
administrasi di madrasah dengan menyediakan sistem yang terintegrasi untuk
pengelolaan data siswa, keuangan, dan rekam jejak akademis sehingga dapat
mengurangi kebutuhan akan pencatatan manual dan mengoptimalkan waktu
administrasi.
Ilustrasi di atas mencerminkan manfaat
penggunaan TIK dalam ketatausahaan madrasah dalam aspek ….
Jawaban
A efisiensi
penyimpanan dan pemulihan data
B peningkatan
pengelolaan sumber daya madrasah
C penyerdehanaan
proses administrasi
D peningkatan
komunikasi
E peningkatan
akses dan transparansi informasi
Soal No.23 dari 60
Pengambangan madrasah secara berkelanjutan
membutuhkan kolaborasi yang efektif antara pihak madrasah, orang tua siswa dan
berbagai mitra atau instansi terkait.
Tindakan kepala madrasah yang tepat untuk
mendorong partisipasi masyarakat dalam pengembangan madrasah adalah ….
Jawaban
A melakukan
pertemuan rutin dengan wali murid untuk menggalang dana pengembangan madrasah
B menyusun
proposal pengembangan madrasah dengan melibatkan guru dan tenaga kependidikan
C melakukan
pertemuan rutin dengan wali murid untuk mendiskusikan perkembangan dan
kebutuhan madrasah
D mengajukan
permohonan bantuan dana pengembangan madrasah kepada dinas pendidikan setempat
E mengunggah
laporan tahunan tentang perkembangan madrasah melalui website sekolah
Soal No.24 dari 60
Kepala Madrasah diharapkan memiliki kemampuan
untuk mengembangkan kebijakan dan menciptakan budaya sekolah yang inklusif,
sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar di mana semua siswa merasa
diterima dan memiliki peluang yang sama untuk berkembang.
Pernyataan di bawah ini merupakan kebijakan
kepala madrasah yang relevan dengan program penciptaan budaya sekolah yang
inklusif, kecuali ….
Jawaban
A berkolaborasi
dengan seluruh warga sekolah dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan
sekolah yang menerima, mendukung, dan memahami kebutuhan beragam siswa
B meningkatkan
aksesibilitas fasilitas sekolah, seperti kelas, laboratorium, perpustakaan, dan
toilet, sehingga dapat diakses oleh seluruh siswa
C mengembangkan
dan menerapkan kurikulum yang fleksibel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan
tahapan belajar siswa
D menginformasikan
secara kompresensif kepada seluruh warga sekolah dan pihak terkait tentang
konsep pendidikan yang inklusif untuk mencegah perbedaan pemahaman
E mengembangkan
dan menerapkan kurikulum yang fleksibel hanya kepada siswa penyandang
disabilitas
Soal No.25 dari 60
Perhatikan pernyataan berikut ini.
(1) merinci tujuan pendidikan
(2) identifikasi indikator kinerja yang
spesifik
(3) pengumpulan data secara berkala
(4) analisis data secara terintegrasi
(5) interpretasi hasil analisis data
Urutan langkah yang tepat dalam proses
monitoring dan evaluasi yang efektif adalah ….
Jawaban
A (2),
(3), (1), (4), dan (5)
B (1),
(3), (2), (4), dan (5)
C (1),
(2), (3), (4), dan (5)
D (2),
(1), (3), (4), dan (5)
Soal No.26 dari 60
Sebagai seorang Kepala Madrasah, tugas utama
Anda dalam mendukung perkembangan peserta didik adalah ….
Jawaban
A mengajar
langsung kepada peserta didik
B menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif dan inklusif
C menyediakan
sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai
D melakukan
supervisi pembelajaran yang berkelanjutan
E mengatur
ruang dan jam pembelajaran
Soal No.27 dari 60
Perhatikan ilustrasi teks berikut!
Maulida, Azka, dan Nafiq adalah anggota tim
entrepreneur muda inspiratif di Madrasah Aliyah Negeri 5 Telaga Mas. Mereka
mengamati lingkungan sekolah, khususnya dalam hal pengelolaan kertas bekas
pakai. Berawal dari kepedulian terhadap jumlah kertas yang dibuang dari kantin,
koperasi siswa, dan asrama, mereka berupaya mengelola kertas bekas tersebut
secara produktif dan ramah lingkungan. Mereka mulai merancang sebuah ide bisnis
kewirausahaan yang melibatkan berbagai pihak dalam pengelolaan kertas bekas.
Maulida menyarankan agar fokus pengelolaan
kertas dimulai dari kantin dan koperasi siswa, menggunakan metode daur ulang
yang sederhana. Azka mengusulkan untuk memperluas cakupan pengelolaan kertas,
mencakup kertas bekas dari kantin, koperasi siswa, dan asrama. Nafiq
mengembangkan ide tersebut lebih lanjut dengan berkolaborasi bersama mitra yang
ahli dalam mengubah kertas bekas menjadi produk yang bermanfaat.
Proyek mereka diberi nama PUTAR (Pelayanan
'Jemput-Antar dan Berkah Kertas'), yang melibatkan sumber kertas bekas dari
rumah siswa dan masyarakat sekitar. Mereka menghadapi beberapa tantangan,
seperti kurangnya tenaga kerja dan kebutuhan untuk komunikasi efektif dengan
orang tua siswa serta pihak luar. Namun, mereka berharap produk yang dihasilkan
dari kertas bekas ini dapat menjadi bonus atau insentif yang bermanfaat bagi
siswa, orang tua, dan masyarakat.
Apa langkah awal yang efektif untuk
merealisasikan ide rencana kewirausahaan ini di madrasah dan beberapa keluarga
orang tua siswa?
Jawaban
A Konsep
rencana kewirausahaan lebih berfokus pada pengelolaan limbah kertas, dengan
kerjasama bersama Kementerian Lingkungan Hidup. Limbah kertas yang diolah akan
menghasilkan produk akhir yang dapat digunakan sebagai bahan daur ulang untuk
pembuatan kertas baru dan kerajinan tangan.
B Mengintegrasikan ide kewirausahaan siswa dengan program
kewirausahaan madrasah melalui aplikasi PUTAR yang akan direalisasikan. Proses
dan biaya untuk mewujudkan ide pengelolaan limbah kertas ini akan dikelola
secara mandiri oleh tim entrepreneur muda inspiratif. Produk akhir dari
pengolahan limbah kertas dapat digunakan untuk bahan daur ulang kertas,
kerajinan tangan, dan produk ramah lingkungan lainnya oleh orang tua siswa dan
masyarakat.
C Memperbaiki
konsep bisnis plan pengelolaan kertas bekas di madrasah dengan berbasis
digital, fokus pada pelayanan jemput-antar kertas bekas, kolaborasi pengelolaan
kertas, dan manfaat yang kembali ke siswa serta warga. Keuntungan utama berasal
dari hasil penjualan produk daur ulang oleh mitra pengelola kertas, yang
menjadi modal utama kewirausahaan.
D Memberikan
arahan dan bimbingan yang berfokus pada jasa pengambilan kertas bekas dari
berbagai sumber secara terbatas, menggunakan aplikasi PUTAR yang akan
dikembangkan bersama tim IT madrasah. Program ini menawarkan keuntungan berupa
bonus poin yang bisa ditukar dengan hadiah, aksesori, pulsa, atau lainnya bagi
siswa, orang tua, dan warga yang berkontribusi.
E Rencana
kegiatan kewirausahaan akan lebih berfokus pada diversifikasi, tidak hanya
terbatas pada limbah makanan dan UMKM. Limbah kertas akan diolah menjadi
berbagai produk yang bermanfaat, seperti bahan daur
ulang, kerajinan tangan, dan produk ramah lingkungan.
Soal No.28 dari 60
Ibu Nur, sebagai kepala madrasah, mengelola
kewirausahaan dengan menjalin kerjasama dengan pengrajin batik tradisional di
wilayahnya. Fokus kerjasama ini adalah pemasaran produk batik baik secara
online maupun offline di madrasah. Kolaborasi ini telah berlangsung selama
lebih dari tiga tahun. Pada tahun pertama, pemasaran dan penjualan batik
berjalan lancar dengan pangsa pasar yang luas. Namun, seiring dengan munculnya
pengusaha batik baru dan kompetitor yang menawarkan harga lebih terjangkau,
terjadi penurunan drastis dalam omset penjualan.
Langkah apa yang paling tepat bagi Ibu Nur
untuk meningkatkan kembali omset penjualannya?
Jawaban
A Menggunakan
strategi pemasaran bersama produk batik dari
UMKM dengan pola bagi hasil fokus profit yang lebih
menguntungkan.
B Merekrut tenaga ahli
dari madrasah atau UMKM lain yang dapat menjadi mentoring pendampingan.
C Menggunakan
strategi pemasaran baru yang dapat mendongkrak omset pendapatan
kewirausahaan madrasah dan perajin batik serta membagi keuntungan
secara merata.
D Melakukan
promo dan pemasangan iklan batik tradisional secara masif di media digital.
E Memperbaharui
teknik pemasaran, baik secara digital maupun offline, dengan
mengoptimalkan keterlibatan stakeholder madrasah serta mengadakan
promosi dan pameran untuk menemukan pangsa pasar baru.
Soal No.29 dari 60
Kehidupan sehari-hari di madrasah dan interaksi
sosial masyarakat selalu diwarnai oleh kegiatan kewirausahaan, khususnya dalam
bidang perdagangan. Semangat jiwa kewirausahaan ini telah dicontohkan oleh
Rasulullah saw. sejak usia muda.
Berdasarkan ilustrasi di atas, apa esensi
penting dalam kewirausahaan yang harus diperhatikan?
Jawaban
A Membangun branding dan
kepercayaan melalui momen-momen strategis.
B Menunjukkan
keteladanan dalam berwirausaha dan mendorong kolaborasi keluarga.
C Esensi
penting dan modal utama dalam entrepreneurship atau kewirausahaan
adalah kepercayaan (trust).
D Menumbuhkan
kejujuran dan komitmen yang tinggi.
E Semangat
jiwa kewirausahaan ditanamkan sejak usia dini dalam keluarga.
Soal No.30 dari 60
Pak Andi adalah kepala madrasah yang sedang
melaksanakan supervisi akademik. Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran,
Pak Andi melakukan pengecekan perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan
guru terkait dengan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam
pengecekan dokumen, Pak Andi menemukan RPP yang dibuat guru sama dengan guru
yang lain, hanya diganti mata pelajaran dan materinya.
Analisis tindakan yang harus dilakukan oleh Pak
Andi adalah ....
Jawaban
A membina
guru agar menjadi tenaga profesional dalam menyusun RPP
B meminta guru agar mengikuti pelatihan penyusunan RPP
C mendampingi guru dalam menjabarkan silabus menjadi RPP
D memberi
peringatan dan sanksi kepada guru-guru yang tidak bisa menyusun RPP
E membantu
guru mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran
Soal No.31 dari 60
Sebagai kepala madrasah, Pak Ahmad menyadari
betul bahwa manajemen anggaran yang efisien sangat penting dikuasai oleh kepala
madrasah untuk memastikan sumber daya keuangan dialokasikan dengan baik dalam
rangka pengadaan, pemeliharaan, perbaikan, dan pengembangan sarana dan
prasarana madrasah.
Pernyataan di bawah ini yang mencerminkan
tindakan Pak Ahmad selaku kepala madrasah pada aspek perencanaan anggaran
adalah ….
Jawaban
A melakukan
pencatatan yang sistematis atas seluruh transaksi yang berkaitan dengan
anggaran madrasah
B menyusun
anggaran berdasarkan rancangan anggaran pada tahun sebelumnya
C menyusun
anggaran berdasarkan kebutuhan dan prioritas madrasah
D melakukan
evaluasi atas efektivitas penggunaan anggaran madrasah
E melakukan
audit secara berkala atas penggunaan anggaran madrasah
Soal No.32 dari 60
Sebagai kepala madrasah baru di MA Al-Amin, Pak
Ahmad sedang merencanakan perbaikan sistem administrasi madrasah berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan efisiensi dan
kualitas pendidikan. Dalam upaya ini, Pak Ahmad merasa penting untuk memastikan
bahwa sistem yang akan dibangun juga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan
keputusan yang cerdas. Sebagai bagian dari proses ini, Pak Ahmad telah
melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru-guru, tendik, dan komite
madrasah, dalam perumusan rencana. Salah satu pemangku kepentingan mengusulkan
integrasi sistem TIK dengan sistem pembelajaran daring untuk meningkatkan akses
siswa ke materi pembelajaran.
Manakah sikap yang paling tepat untuk diambil
oleh Pak Ahmad dalam menyikapi usulan tersebut?
Jawaban
A Menolak
usulan tersebut, karena hanya akan menambah kompleksitas administrasi madrasah
tanpa manfaat yang nyata.
B Menolaj
usulan tersebut, karena integrasi sistem TIK dengan pembelajaran daring tidak
memiliki hubungan dengan efisiensi administrasi.
C Menyetujui
usulan tersebut, dengan catatan hanya berlaku untuk guru-guru yang kreatif
dalam pembelajaran daring.
D Menolak
usulan tersebut, karena integrasi TIK akan berjalan dengan efektif apabila di
dukung oleh sarana dan prasarana yang baik,
E Menyetujui
usulan tersebut, karena dapat memperluas akses siswa ke pembelajaran daring,
meningkatkan efisiensi, dan memberikan data yang lebih baik untuk pengambilan
keputusan.
Soal No.33 dari 60
Kepala madrasah Insan Cendekia akan melaporkan
pelaksanaan kegiatan selama satu tahun pelajaran kepada pihak-pihak yang
terkait di akhir tahun.
Hal pokok yang akan dipertanggungjawabkan oleh
kepala madrasah sebagai bahan laporan adalah ….
Jawaban
A statistik
kehadiran siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
B pencapaian
kompetensi peserta didik dan kemajuan belajar siswa selama satu tahun pelajaran
C ragam
kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan dan jumlah siswa yang mengikutinya
D rincian
alokasi dan penggunanaan dana BOS
E ragam
lomba yang diikuti dan prestasi yang dicapai atas lomba tersebut
Soal No.34 dari 60
Kepala madrasah diharapkan memiliki kemampuan
yang baik dalam memetakan kualifikasi dan kompetensi pendidik dan tenaga
kependidikan. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan
proses penempatan dan pemberian tugas yang relevan. Berikut ini beberapa
rujukan yang dapat dijadikan acuan oleh kepala madrasah:
(1) Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen
(2) Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017
tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang Guru,
(3) Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 890 Tahun
2019 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat
Pendidik,
(4) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
(Permendikbud) No. 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala
Madrasah, dan Pengawas Madrasah.
Acuan yang dapat digunakan kepala madrasah
dalam penempatan dan pemberian tugas kepada pendidik adalah ….
Jawaban
A (1),
(2), dan (4)
B (1),
(2), (3), dan (4)
C (1),
(3), dan (4)
D (1),
(2), dan (3)
E (2),
(3), dan (4)
Soal No.35 dari 60
Bagaimana kepala madrasah dapat memastikan
bahwa Sistem Informasi Madrasah (SIM) yang dibangun dapat digunakan sebagai
dasar pengambilan keputusan?
Jawaban
A Menyediakan
pelatihan kepada guru dan tendik tentang penggunaan sistem tersebut.
B Mengandalkan
intuisi dan pengalaman pribadi kepala madrasah.
C Memberikan
akses layanan internet kepada guru-guru, tendik dan siswa.
D Mendukung
internet sehat dan memblokir situs yang berbahaya.
E Memberikan
akses sistem informasi madrasah yang sama kepada semua pihak.
Soal No.36 dari 60
Di Madrasah Al-Falah, kepala madrasah ingin
meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan madrasah.
Salah satu strategi yang diajukan adalah memperkuat penerapan asas transparansi
dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan.
Manakah dari pernyataan berikut ini yang paling
efektif dalam menerapkan asas transparansi?
Jawaban
A Menyediakan
laporan keuangan hanya pada pengurus madrasah dan pihak berwenang terkait.
B Menyimpan
semua dokumen keuangan hanya di komputer kepala madrasah untuk menjaga
kerahasiaan.
C Memublikasikan
laporan keuangan secara periodik di situs web madrasah dan mempresentasikannya
dalam rapat umum tahunan yang terbuka untuk umum.
D Mengadakan
rapat tertutup bulanan dengan beberapa orang tua murid terpilih untuk membahas
pengelolaan dana.
E Meminta
semua staf untuk tidak membocorkan informasi keuangan madrasah kepada orang
luar.
Soal No.37 dari 60
Berikut ini yang bukan merupakan tujuan
penggunaan teknologi informasi sebagai media penyampaian informasi madrasah
adalah ….
Jawaban
A sarana
komunikasi antara madrasah, orang tua, siswa, dan urusan pribadi kepala madrasah
tanpa batasan waktu
B sarana
promosi untuk memperkenalkan madrasah kepada masyarakat umum
C sarana
komunikasi antara madrasah, orang tua, siswa, masyarakat tanpa batasan waktu
D sarana
publikasi program kerja dan kegiatan madrasah kepada pemangku kepentingan
(stakeholder) pendidikan
E sarana
orangtua/wali siswa dalam memonitor perkembangan anak di madrasah
Soal No.38 dari 60
Berikut terdapat beberapa pernyataan.
Pernyataan yang menurut Anda benar adalah …
Jawaban
A Supervisi
Akademik merupakan bentuk pembinaan yang diberikan kepada guru dan tenaga
kependidikan madrasah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan
kualitas sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa
dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan
tujuan pendidikan madrasah.
B Supervisi Akademik merupakan bentuk pengawasan oleh pengawas
dan kepala madarsah yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan
madrasah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan
kualitas sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa
dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan tujuan
pendidikan madrasah.
C Supervisi Akademik merupakan bentuk pengawasan yang diberikan
pengawas madrasah kepada guru dan tenaga kependidikan
madrasah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan
kualitas sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa
dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan
tujuan pendidikan madrasah.
D Supervisi Akademik merupakan bentuk pembinaan yang diberikan
pengawas madrasah kepada guru dan tenaga kependidikan
madrasah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan
kualitas sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa
dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan
tujuan pendidikan madrasah.
E Supervisi Akademik merupakan bentuk pembinaan yang diberikan
kepadaguru dan tenaga kependidikan madrasah. Tujuannya adalah untuk
mengoreksi dan mengevaluasi pelaksanaan kinerja sumber daya manusia dan
memahami kebutuhan serta kesulitan siswa dalam proses pembelajaran
agar menjadi lebih sesuai dengan tujuan pendidikan madrasah.
Soal No.39 dari 60
Kepala MA Bina Insani berencana membentuk tim
review kurikulum yang terdiri dari kolaborasi guru senior dan junior. Tim
tersebut akan bertanggung jawab untuk merancang kurikulum yang sesuai dengan
peraturan terbaru.
Sebagai manajer, apa yang seharusnya dilakukan
kepala madrasah di tahap perencanaan untuk memastikan tim tersebut nantinya
dapat bekerja secara efektif?
Jawaban
A Memantau
secara berkala aktivitas anggota tim untuk mengurangi tingkat resiko kesalahan
dan kegagalan dalam penyusunan dokumen kurikulum madrasah.
B Memberikan
motivasi dan arahan selama proses penyusunan dokumen kurikulum madrasah
sehingga seluruh anggota nyaman bekerja di dalam tim.
C Menetapkan
tujuan dan sasaran yang jelas dan mengkomunikasikannya kepada anggota tim agar
semua anggota tim memiliki pemahaman yang sama tentang arah dan fokus pekerjaan
mereka.
D Melakukan
pendampingan dan pembimbingan kepada anggota tim selama proses penyusunan
dokumen kurikulum madrasah.
E Mengevaluasi hasil kinerja tim secara berkala untuk memastikan
bahwa pengembangan kurikulum madrasah sesuai dengan peraturan terbaru.
Soal No.40 dari 60
Ibu Ani memiliki komitmen untuk melaksanakan
supervisi akademik secara rutin. Berdasarkan hasil praobservasi diketahui
bahwa Pak Agus mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik.
Untuk itu, Ibu Ani ingin melakukan pendampingan proses pembelajaran di kelas
Pak Agus.
Hal ini perlu dilakukan oleh Ibu Ani untuk
menolong Pak Agus dalam mengatasi masalah di dalam kelas. Yang dilakukan
oleh Bu Ani merupakan teknik supervisi akademik ….
Jawaban
A pertemuan
kelas individual
B belajar
di luar kelas
C kunjungan kelas
D observasi kelas
E pertemuan kelas lain
Soal No.41 dari 60
Setelah melaksanakan penerimaan peserta didik
baru (PPDB), madrasah menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan PPDB dan
mengkomunikasikan laporan tersebut kepada pihak terkait.
Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan PPDB
yang baik mencakup informasi tentang ….
Jawaban
A data
peserta didik baru, juknis PPDB, rincian kegiatan dan anggaran biaya, evaluasi
proses PPDB, saran dan rekomendasi, serta dokumen pendukung
B program
kerja PPDB, kriteria penerimaan peserta didik baru, daya tampung, juknis PPDB,
dan hasil penerimaan peserta didik baru
C data
peserta didik baru, rincian kegiatan dan anggaran biaya, hasil rapat
koordinasi, saran dan rekomendasi, dan pernyataan tanggung jawab
D program
kerja PPDB, hasil rapat koordinasi, analisis daya tampung, juknis PPDB, hasil
penerimaan peserta didik baru, anggaran biaya, dan pernyataan tanggung jawab
E data
peserta didik baru, rincian kegiatan dan anggaran biaya, evaluasi proses PPDB,
saran dan rekomendasi, dokumen pendukung, dan pernyataan tanggung jawab
Soal No.42 dari 60
Ibu Halimah adalah sosok wirausaha sukses yang
memulai usahanya sejak sekolah dasar hingga kuliah. Mulai dari berjualan buku
bekas, membuka usaha kue, hingga berjualan sembako, beliau menunjukkan
kepiawaian berkomunikasi dan kemampuan berkolaborasi yang menjadi soft
skill penting dalam perjalanan wirausahanya. Fluktuasi pasang surut dalam
usahanya, serta kegagalan yang dihadapi, telah mempertajam ketahanan mentalnya
dan memperkuat sikap pantang menyerahnya.
Karakter sikap keteladanan yang dapat
dikembangkan di madrasah dari sosok Ibu Halimah adalah ...
Jawaban
A impulsivitas
B kepuasan
diri
C pasivitas
D ketekunan
E ragu-ragu
Soal No.43 dari 60
Suatu madrasah menerima alokasi dana dari
Kementerian Agama untuk pengembangan fasilitas dan peningkatan mutu pendidikan.
Oleh karena itu, bendahara madrasah membuat laporan keuangan yang terinci dan
dapat diakses oleh semua pihak yang ada di madrasah untuk memastikan bahwa dana
yang diterima dan digunakan sesuai dengan peruntukannya.
Penerapan prinsip akuntabilitas dalam
pengelolaan keuangan madrasah dalam ilustrasi di atas adalah ….
Jawaban
A kepemilikan
pribadi aset
B transparansi
dan pengungkapan
C laporan
berkala
D efisiensi
pengeluaran dana
E penggunaan
dana tanpa verifikasi
Soal No.44 dari 60
Anda, sebagai kepala madrasah, memiliki
tanggung jawab penting untuk menumbuhkan dan menguatkan jiwa serta sikap
kewirausahaan pada siswa sejak dini. Melalui pendidikan yang berkelanjutan dari
madrasah tingkat dasar hingga perguruan tinggi, siswa diberi kesempatan untuk
belajar dan bersinergi dengan keluarga serta terjun langsung ke dalam dunia
bisnis nyata, membentuk mereka menjadi wirausaha yang sukses.
Jika siswa memiliki keinginan kuat untuk
memulai wirausaha sejak dini sambil belajar, langkah-langkah yang dapat
dilakukan untuk memulai usaha yang sukses adalah...
Jawaban
A tumbuhkan
nilai komitmen tinggi, mandiri dan optimalkan momentum yang besar saja untuk
keuntungan bisnis
B mengembangkan
mentalitas wirausaha berarti memiliki pola pikir bahwa bisnis akan berhasil.
Teruslah berusaha dengan kreativitas, kemampuan beradaptasi, dan tindakan nyata
untuk mewujudkan bisnis yang telah direncanakan.
C menguatkan
mental jujur, disiplin, pantang menyerah mempertahankan ide, dan kreatif hanya
di bidang tata kelola keuangan
D merencanakan
dengan matang bisnisnya, perkaya terus pengalaman usahanya dan perkuat
manajerial keuntungan
E menentukan
lokasi rencana bisnis yang strategis, pengawasan yang humanis ketat, dan kerja
keras konsistensi tinggi hanya pada satu aspek nilai kewirausahaan
Soal No.45 dari 60
Manakah diantara pilihan berikut yang harus
menjadi prioritas utama ketika seorang kepala madrasah membuat keputusan
keuangan?
Jawaban
A Memfokuskan anggaran untuk pembaruan teknologi informasi di setiap
kelas.
B Memastikan semua kegiatan ekstrakurikuler mendapat pembiayaan yang
cukup.
C Memastikan semua dana operasional madrasah tersedia dan cukup untuk
mendukung kegiatan pembelajaran sehari-hari.
D menciptakan proyek-proyek baru yang dapat memberikan kesan positif
terhadap madrasah.
E Menyimpan sebagian besar dana untuk keadaan darurat dan
pengembangan infrastruktur jangka panjang.
Soal No.46 dari 60
Dalam pengelolaan madrasah, kepala madrasah
melibatkan seluruh warga madrasah secara aktif dalam proses pengambilan
keputusan dan pelayanan pembelajaran di madrasah. Kepala madrasah juga
memotivasi dan mendorong keterlibatan seluruh warga madrasah agar tercipta
lingkungan kerja yang lebih inklusif dan kolaboratif,
Prinsip manajemen yang diterapkan oleh kepala
madrasah pada ilustrasi di atas adalah ….
Jawaban
A transaksional
B laissez-faire
C partisipatif
D otoritarianisme
E kesatuan
komando
Soal No.47 dari 60
Kepala madrasah ingin memastikan bahwa madrasah
akan memberikan kepada setiap siswa agar dapat mengembangkan dan
mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, serta dapat
mengembangkan prestasinya.
Dalam upaya memberikan dukungan tersebut, Upaya
yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah adalah .…
Jawaban
A menambah
mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan
lokal, sehingga semua siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut dapat
memiliki keterampilan khusus
B membentuk
kelas unggulan, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal dengan
pelayanan khusus yang telah dirancang
C menambah
jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan bakat anak
dapat diberikan secara optimal
D menambah
jam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kondisi dan
situasi keunggulan lokal
E melaksanakan
kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan madrasah,
sehingga bakat siswa dapat berkembang secara optimal
Soal No.48 dari 60
Pada masa pengenalan lingkungan madrasah,
kepala madrasah menerima surat pengaduan dari orang tua peserta didik terkait
kekerasan verbal dan fisik yang dialami beberapa peserta didik baru akibat
keterlambatan menyelesaikan tugas. Orang tua peserta didik baru meminta
pertanggungjawaban dari pihak madrasah.
Beradasarkan ilustrasi di atas, langkah paling
tepat yang harus diambil oleh kepala madrasah adalah ….
Jawaban
A memanggil
panitia, memarahinya, dan meminta panitia untuk membuat surat permintaan maaf
kepada orang tua peserta didik baru
B melakukan
klarifikasi kepada panitia, memberikan sanksi kepada panitia yang terbukti
bersalah, dan menyerahkan kepada pihak berwajib
C memberikan
sosialisasi tentang perlindungan anak pada awal kegiatan masa pengenalan
lingkungan madrasah untuk mencegah kejadian buruk dan menjaga keamanan peserta
didik baru.
D melakukan
klarifikasi kepada panitia, memberikan pembinaan, dan membuat surat permohonan
maaf atas nama madrasah
E memanggil
panitia, memberikan hukuman kepada panitia yang dianggap tidak bertanggung
jawab, dan meminta mereka meminta maaf kepada orang tua peserta didik baru
Soal No.49 dari 60
Bu Chantika, Kepala Madrasah Insan Madani yang
baru. Bu Chantika menyusun program supervisi akademik. Program tersebut
disampaikan pada rapat dewan guru. Namun, ternyata salah satu guru menolak
untuk disupervisi karena menurut guru tersebut proses pembelajaran yang
dilakukan selama ini tidak perlu dinilai oleh kepala madrasah.
Tindakan yang sebaiknya dipilih untuk dilakukan
oleh kepala madrasah adalah ....
Jawaban
A meminta
guru senior untuk menilai kualitas pembelajaran guru tersebut melalui program
supervisi akademik
B melakukan pendekatan secara pribadi dan meminta guru tersebut untuk
mengundurkan diri jika masih menolak supervisi akademik
C menerima permintaan guru tersebut untuk tidak disupervisi akademik
karena hanya akan menganggu proses pembelajaran yang telah berjalan
D menjelaskan
kepada guru tersebut bahwa supervisi akademik dilakukan untuk memperbaiki
kualitas pembelajaran bukan untuk menilai guru
E mengkoreksi guru tersebut karena menolak supervisi akademik yang
harus dilakukan oleh kepala madrasah
Soal No.50 dari 60
Pemanfaatan TIK dalam administrasi
ketatausahaan madrasah dapat mengurangi penyediaan ruang penyimpanan fisik
administrasi madrasah. Hal ini dikarenakan data tersimpan secara digital.
Ilustrasi di atas mencerminkan manfaat
penggunaan TIK dalam administrasi ketatausahaan madrasah pada aspek ….
Jawaban
A peningkatan
transparansi informasi
B efisiensi
penggunaan sarana madrasah
C peningkatan
akses informasi
D penyederhanaan
proses administrasi
E efisiensi
dalam penyimpanan dan pemulihan data
Soal No.51 dari 60
Sebagai Kepala Madrasah yang visioner, Anda
sedang berupaya mewujudkan nota kesepahaman yang efektif dengan beberapa pihak,
seperti komite sekolah, dunia usaha, perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan
lain-lain.
Untuk mewujudkan upaya tersebut, keterampilan
yang Anda butuhkan adalah keterampilan ….
Jawaban
A manajemen
konflik dan komunikasi yang efektif
B manajemen
risiko dan manajemen konflik
C negosiasi
dan komunikasi yang efektif
D negosiasi
dan manajemen konflik
E negosiasi
dan manajemen risiko
Soal No.52 dari 60
Sistem yang terintegrasi melalui platform
digital berbasis teknologi sejauh ini terbukti sangat efektif dalam menyajikan
informasi yang akurat dan up-to-date dan diakses secara real-time oleh para
guru, staf, orang tua, dan siswa. Hal ini meningkatkan transparansi dalam
operasi madrasah dan memudahkan pengambilan keputusan yang didasarkan pada data
aktual.
Ilustrasi di atas mencerminkan manfaat
penggunaan TIK dalam ketatausahaan madrasah pada aspek ….
Jawaban
A peningkatan
transparansi informasi
B penyederhanaan
proses administrasi
C peningkatan
komunikasi
D peningkatan
akses dan transparansi informasi
E efisiensi
penyimpanan dan pemulihan data
Soal No.53 dari 60
Berikut ini adalah manfaat menggunakan Sistem
Informasi Madrasah (SIM), yang berfungsi sebagai suatu platform integral untuk
mendukung berbagai aspek kegiatan madrasah.
(1) SIM berperan sebagai sarana informasi
madrasah yang mendukung penyusunan program, memungkinkan pihak madrasah untuk
merancang dan merencanakan kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler
secara efektif.
(2) SIM berfungsi sebagai alat yang mendukung
pengambilan keputusan, menyediakan data dan informasi yang diperlukan untuk
memandu pengelolaan madrasah dengan lebih tepat dan efisien.
(3) SIM memberikan kontribusi positif terhadap
peningkatan produktivitas madrasah, karena memberikan akses yang mudah dan
cepat terhadap informasi yang diperlukan oleh berbagai pihak terkait.
(4) SIM menjadi sarana komunikasi yang efektif,
memungkinkan stakeholder madrasah untuk berkomunikasi secara lebih terstruktur
dan efisien.
Pernyataan yang benar dari manfaat tersebut
adalah …
Jawaban
A (1),
(2), (3), dan (4)
B (1),
(2), dan (4)
C (2),
(3), dan (4)
D (1),
(2), dan (3)
E (1),
(3), dan (4)
Soal No.54 dari 60
Seorang kepala madrasah berencana menjalin
kemitraan dalam bentuk kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk peningkatan
mutu penyelenggaraan pendidikan di madrasah.
Tindakan kepala madrasah untuk memastikan bahwa
kolaborasi yang akan dilakukan tepat sasaran dan berjalan efektif adalah ….
Jawaban
A memberikan
ijin kepada mahasiswa untuk melakukan program magang di madrasah
B memfasilitasi
perguruan tinggi dalam menjalankan programnya di lingkungan madrasah
C menyusun
proposal kemitraan dengan perguruan tinggi dalam bentuk pelatihan bagi guru dan
tenaga kependidikan
D melakukan
evaluasi atas pelaksanaan program kemitraan perguruan tinggi di madrasah
E mengidentifikasi
kebutuhan madrasah dan kesesuaian dengan program yang ditawarkan oleh perguruan
tinggi
Soal No.55 dari 60
Kepala MA Nurul Bayan merencanakan akan
memanfaatkan system data berbasis aplikasi. Berikut adalah alternatif tindakan
yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah untuk mewujudkan hal tersebut:
(1) memanfaatkan atau mengembangkan sistem informasi
sekolah/madrasah yang terintegrasi sehingga dapat diakses secara terpusat
(2) memanfaatkan sistem data berbasis aplikasi
untuk menghasilkan laporan dan analisis yang akurat, relevan dan bermanfaat
(3) memanfaatkan data yang dihasilkan oleh
sistem untuk pengambilan keputusan strategis
(4) melatih dan mendampingi tenaga kependidikan
dalam memahami dan menggunakan sistem data berbasis aplikasi dengan baik.
Alternatif tindakan yang relevan dengan
pengelolaan ketatausahaan madrasah yang efektif adalah ….
Jawaban
A (2),
(3), dan (4)
B (1),
(2), (3), dan (4)
C (1),
(2), dan (3)
D (1),
(3), dan (4)
E (1),
(2), dan (4)
Soal No.56 dari 60
Kepala madrasah seharusnya dapat memastikan
bahwa teknologi informasi digunakan secara efektif, sehat dan bijak oleh semua unsur
yang ada di madrasah. Untuk dapat memastikan bahwa guru, siswa dan tendik
memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan
teknologi dalam pembelajaran dan manajemen madrasah.
Upaya yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah
adalah …
Jawaban
A medorong
guru, siswa dan tendik untuk belajar mandiri terkait penggunaan teknologi dalam
pembelajaran dan manajemen madrasah
B menginstruksikan
kepada semua guru, siswa dan tendik untuk dapat menggunakan smartphone,
laptop, komputer dan perangkat teknologi lainnya sebagai media dan sumber
belajar
C mendorong
guru dan siswa untuk dapat mengakses berbagai platform yang menyediakan layanan
penggunaan teknologi dalam pembelajaran
D merencanakan
dan menyelenggarakan pelatihan untuk guru, siswa dan tendik terkait penggunaan
teknologi dalam pembelajaran dan manajemen madrasah
E menghimbau
secara lisan maupun tertulis agak semua pihak yang ada di lingkungan madrasah
dapat menggunakan internet secara bijak
Soal No.57 dari 60
Pada saat penerimaan peserta didik baru di awal
tahun pelajaran, diketahui ada beberapa anak berkebutuhan khusus yang mendaftar
ke madrasah. Kepala madrasah mengetahuinya dan berkomitmen kuat untuk mendukung
kegiatan pembelajaran yang berkeadilan bagi anak berkebutuhan khusus di
madrasahnya.
Bentuk dukungan kepala madrasah dalam
memberikan layanan pembelajaran yang berkeadilan bagi peserta didik
berkebutuhan khusus adalah ….
Jawaban
A memberikan
guru kebebasan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk menumbuhkan
kreatifitas guru
B berkomunuikasi
dengan orang tua untuk menyiapkan guru pendamping khusus bagi anak tersebut
agar dapat mengikuti pembelajaran reguler
C menerapkan
prinsip keadilan dengan memberikan pelayanan yang sama kepada semua siswa
D Meminta
orangtua untuk mengurus segala kebutuhan anak di madrasah dengan tetap
mengikuti program belajar regular di madrasah
E memberikan
pelatihan tentang pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus kepada semua guru
Soal No.58 dari 60
Seorang Kepala Madrasah telah menetapkan tim
pengembang kurikulum untuk mengintegrasikan dan melakukan penyesuaian
implementasi kurikulum baru yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Salah
seorang anggota tim pengembang kurikulum menyarankan beberapa perubahan
signifikan untuk menyesuaikan dengan panduan pengembangan kurikulum yang baru,
sehingga menyebabkan perubahan mendasar pada desain kurikulum yang telah
ada.
Berdasarkan ilustrasi teersebut, tindakan
kepala madrasah untuk menyikapi masalah di atas adalah ….
Jawaban
A tidak
menerima usulan perubahan tersebut karena dapat mengubah desain kurikulum
sebelumnya yang telah terbukti keberhasilannya
B memfasilitasi
forum diskusi untuk mengkaji relevansi usulan perubahan dengan kondisi madrasah
C menerima
semua usulan perubahan yang diajukan oleh anggota tim untuk mempercepat proses
pengembangan kurikulum
D menerima
semua usulan perubahan yang diajukan oleh anggota tim selama memberikan
keuntungan bagi pengelolaan madrasah
E memfasilitasi
forum diskusi untuk mengkaji relevansi usulan perubahan dengan peraturan yang
berlaku dan kondisi madrasah
Soal No.59 dari 60
Pak Parman adalah Kepala Madrasah yang sedang
melaksanakan supervisi akademik. Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran,
Pak Parman melakukan pengecekan perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan
guru terkait dengan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam
pengecekan dokumen, Pak Parman menemukan RPP yang dibuat guru, tertulis nama
madrasah lain, sedangkan nama kepala madrasah sudah benar.
Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Parman
adalah ....
Jawaban
A meminta
guru agar mengikuti pelatihan penyusunan RPP
B mendampingi guru dalam menjabarkan silabus menjadi RPP
C membantu guru mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran
D membina guru agar menjadi tenaga profesional dalam menyusun RPP
E memberi
peringatan dan sanksi kepada guru-guru yang tidak bisa menyusun RPP
Soal No.60 dari 60
Tim Inisiator Wirausaha Muda MA 01 di Telaga
Mas, Jawa Timur, berada di lingkungan madrasah yang dikelilingi oleh ladang
jagung luas milik petani lokal. Setiap musim panen, tim ini memanfaatkan
bonggol jagung yang melimpah untuk menghasilkan produk olahan seperti campuran
kue, puding, dan es. Produk-produk ini dijual oleh koperasi madrasah dengan
harga Rp 9.500 per item, sementara koperasi membeli dari Tim Inisiator
Wirausaha Muda dengan harga Rp 7.000 per produk.
Dari ilustrasi tersebut, terlihat bahwa terjadi
kerja sama konsinyasi. Dengan sistem penjualan seperti ini, resiko bisnis apa
yang paling kecil bagi Tim Inisiator Wirausaha Muda MAN 1 Telaga Mas?
Jawaban
A Tim
Inisiator Wirausaha Muda MAN 1 tidak dapat leluasa memilih
lokasi strategis produknya akan dipajang.
B Produk
yang tidak layak konsumsi atau rusak dapat dikembalikan oleh
koperasi madrasah atau diganti dengan produk lain.
C Produk
dapat rusak saat dititipkan karena ketidakmampuan untuk memantau secara
langsung, serta adanya peluang kerusakan yang terjadi selama penanganan oleh
koperasi madrasah atau pelanggan.
D Koperasi madrasah
mendapatkan keuntungan atau imbalan jika produk dari Tim Inisiator Wirausaha
Muda MAN 1 dipasarkan sebagai produk utama.
E Tim
Inisiator Wirausaha Muda MAN 1 hanya akan mendapatkan keuntungan jika barang
titipan mereka berhasil terjual.
Post a Comment