SOAL DAN JAWABAN ASESMEN KOMPETENSI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAHUN 2024 MAPEL KEPALA MADRASAH



Soal No.1 dari 60

Madrasah harus senantiasa menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat. Perubahan dalam teknologi menuntut adanya inovasi yang berkelanjutan. Sebagai contoh, Madrasah Aliyah alifbata telah beradaptasi dengan perubahan tersebut dengan menghadirkan inovasi berupa pemberian hadiah sayur mayur dan sembako kepada orang tua atau siswa yang berbelanja di alifbata-Mart pada tanggal 1 awal bulan, serta memberikan masukan atau testimoni secara digital terhadap layanan yang diberikan.

Apa tujuan Madrasah Aliyah Alifbata dengan Alifbata-Mart yang mereka jalankan?

 

Jawaban

A Menumbuhkan motivasi berbelanja di Alifbata-Mart melalui layanan berbeda. 

B Mendorong pembelian dan omset penjualan produk meningkat laba instan tercapai sesuai target. 

C Alifbata-Mart tidak menghadirkan inovasi dalam produknya, tetapi fokus pada inovasi dalam pelayanan kepada konsumen.

D Strategi untuk mendatangkan pelanggan agar lebih banyak berbelanja ditanggal ‘muda’ dengan stimulus hadiah.     

E Membangun loyalitas merek Alifbata-Mart dan inovasi produk.

 

Soal No.2 dari 60

Pak Indra selaku Kepala Madrasah Al Ikhlas berencana melakukan supervisi akademik perangkat pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil dari supervisi perangkat pembelajaran pada semester sebelumnya menunjukkan bahwa terdapat guru yang belum melengkapi perangkat pembelajaran dan juga terdapat guru yang belum menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Agar hal tersebut tidak terulang lagi, tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh kepala madrasah adalah ....

 

Jawaban

A melakukan studi banding ke madrasah/sekolah lain 

B membina guru agar menjadi guru profesional 

C membuat tim supervisi yang membantu dalam menyusun LKPD

D menyusun jadwal supervisi akademik 

E membagikan instrumen supervisi perangkat pembelajaran 

 

Soal No.3 dari 60

Kepala madrasah sering dihadapkan pada pengambilan keputusan yang cepat dan bijak berdasarkan prioritas dalam hal pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana terutama ketika anggaran pemeliharaan sarana dan prasarana terbatas.  

Manakah dari situasi berikut ini yang seharusnya menjadi prioritas kepala madrasah?

Jawaban

A   pembelian peralatan komputer baru untuk laboratorium komputer

B   pemugaran ulang pagar keliling lingkungan madrasah

C   pengecatan ulang dinding bangunan madrasah

D   perbaikan atap yang bocor di salah satu gedung kelas

E   pembelian buku-buku teks baru untuk perpustakaan madrasah

 

Soal No.4 dari 60

Pak Bahri memiliki komitmen untuk melaksanakan supervisi akademik secara rutin. Berdasarkan pada hasil praobservasi diketahui bahwa Bu Agustin mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran kolaboratif. Untuk itu, Pak Bahri ingin melakukan pendampingan proses pembelajaran di kelas Bu Agustin. Hal ini perlu dilakukan oleh Pak Bahri untuk menolong Bu Agustin dalam mengatasi masalah di dalam kelas.

Yang dilakukan oleh Pak Bahri merupakan teknik supervisi akademik ….

 

Jawaban

A   observasi kelas 

B   pertemuan khusus 

C   kunjungan kelas  

D   menilai diri sendiri 

E   pertemuan individual

 

Soal No.5 dari 60

Pak Nur adalah Kepala Madrasah yang sedang melaksanakan supervisi akademik. Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran, Pak Nur melakukan pengecekan perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan guru terkait dengan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam pengecekan dokumen, Pak Nur menemukan RPP yang dibuat guru, tertulis tanggal dan tahun pelajaran tahun yang lalu, dan terdapat kesalahan dalam penghitungan pekan pada kalender pendidikan.

Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Nur adalah ....

 

Jawaban

A memberi peringatan dan sanksi kepada guru-guru yang tidak bisa menyusun RPP

B mendampingi guru dalam menjabarkan silabus menjadi RPP  

C membantu guru mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran 

D membina guru agar menjadi tenaga profesional dalam menyusun RPP 

E meminta guru agar mengikuti pelatihan penyusunan RPP

 

 

Soal No.6 dari 60

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berbasis komputer dan internet dewasa ini menuntut kepala madrasah untuk dapat mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Munculnya berbagai platform belajar online berbasis aplikasi juga sudah menjadi tuntutan untuk dikuasai guru.

Menyikapi dinamika perubahan yang sangat cepat ini, tindakan kepala madrasah yang tepat ketika kompetensi guru terhadap platform belajar online tidak merata adalah …


Jawaban

A   menyarankan guru menggunakan platform belajar online dalam pengumpulan tugas siswa

B   menginstruksikan guru mengintegrasikan platform belajar online dalam kegiatan pembelajaran

C   mengikutsertakan guru pada kegiatan pelatihan pembelajaran berbasis platform belajar online

D   menuntut guru untuk dapat menguasai platform belajar online dalam kegiatan pembelajaran

E   menyarankan guru untuk menggunakan sumber belajar online

 

Soal No.7 dari 60

Manakah pernyataan berikut ini yang paling efektif untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan sebuah madrasah?

 

Jawaban

A  Meningkatkan jumlah pengeluaran untuk semua kegiatan ekstrakurikuler tanpa evaluasi kebutuhan sebenarnya.

B   Mengalokasikan anggaran secara acak ke berbagai departemen tanpa mempertimbangkan laporan keuangan tahun sebelumnya.

C   Mengadakan rapat tahunan untuk meninjau penggunaan anggaran tanpa melibatkan auditor eksternal.

D   Menyimpan semua catatan keuangan hanya dalam format kertas dan tidak menggunakan sistem keuangan.

E   Menerapkan sistem pelaporan keuangan yang terintegrasi untuk memantau dan mengontrol aliran dana secara real time.

 

Soal No.8 dari 60

Pak Nafiq, selaku kepala madrasah, telah menginisiasi program edukasi perbengkelan di madrasah. Program ini berfungsi sebagai sumber pembelajaran dalam mengelola kegiatan produksi dan jasa, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat umum.

 

 

Mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber pembelajaran bagi peserta didik merupakan salah satu dimensi kompetensi penting bagi kepala madrasah, yaitu kompetensi …


Jawaban

A   sosial

B   kewirausahaan  

C   produktivitas 

D   kepribadian 

E   manajerial 

 

Soal No.9 dari 60

Seorang kepala madrasah bertanggung jawab untuk merancang instrumen monitoring dan evaluasi yang berkeadilan, terutama untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Instrumen tersebut harus memastikan bahwa anak-anak dengan kebutuhan khusus menerima pendidikan yang setara. 

Manakah dari pernyataan berikut yang mencerminkan pendekatan yang benar dalam merancang instrumen ini?


Jawaban

A   Menyusun instrumen yang mengidentifikasi kelemahan anak-anak berkebutuhan khusus dan menilai kemampuan mereka hanya pada aspek non-akademik.

B   Memisahkan anak-anak berkebutuhan khusus dari anak-anak lain untuk meminimalkan gangguan dalam pembelajaran.

C   Mengurangi standar akademik untuk anak-anak berkebutuhan khusus agar mereka merasa lebih nyaman.

D   Menerapkan prinsip inklusi, memastikan akses yang setara terhadap kurikulum dan penggunaan instrumen yang memungkinkan penilaian berbasis pada kemampuan dan potensi setiap anak.

E   Memberikan instrumen yang sama persis untuk semua siswa tanpa mempertimbangkan kebutuhan khusus mereka.

 

 

Soal No.10 dari 60

Sholihatul adalah sosok siswi yang ceria. Setiap pagi, ia menitipkan kreasi kripik bonggol pisang buatannya di madrasah. Setelah pulang madrasah, ia juga mengantarkan pesanan kripik bonggol pisang secara online kepada tetangga dan teman-temannya. Sebagian dari keuntungannya ia tabung dan sisanya digunakan untuk keperluan belajarnya.

Karakter wirausaha yang dibangun pada diri Sholihatul adalah ....

 

Jawaban

A   ketidakyakinan

B   menghindari risiko

C   inisiatif

D   ketergantungan

E   pasifitas

 

Soal No.11 dari 60

Staf administrasi madrasah adalah mitra kepala madrasah dalam pengelolaan perlengkapan sekolah, teknologi, dan fasilitas yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar dan efektif. 

Pernyataan di atas mencerminkan peran staf administrasi madrasah dalam aspek ….

 

Jawaban

A   pengelolaan pembelajaran

B   pengelolaan sumber daya

C   pendokumentasian data

D   pengelolaan data 

E   pengelolaan fasilitas sekolah

 

Soal No.12 dari 60

Pak Hanif selaku Kepala Madrasah Al Ikhlas berencana melakukan supervisi akademik perangkat pembelajaran mata pelajaran Fisika. Hasil dari supervisi perangkat pembelajaran pada semester sebelumnya menunjukkan bahwa ada guru yang belum melengkapi perangkat pembelajaran dan ada guru belum menyusun instrumen penilaian. 

Agar hal tersebut tidak terulang lagi, tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh kepala madrasah adalah ....

 

Jawaban

A   menyusun jadwal supervisi akademik

b    membina guru agar menjadi guru profesional 

c    membagikan instrumen supervisi perangkat pembelajaran  

d    membuat tim supervisi yang membantu dalam menyusun instrument penilaian

e    melakukan studi banding ke madrasah/sekolah lain

 

Soal No.13 dari 60

Aisyah tidak hanya memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi produk baru, tetapi juga memiliki perspektif yang mendalam tentang cara pemrosesan produk secara bertahap, serta pengelolaan modal hingga strategi pemasarannya.

 

Nilai-nilai kewirausahaan apa yang tidak tercermin dari sikap dan karakter Aisyah?

 

Jawaban

A   Komitmen dan Determinasi: Keterampilan bertahap dalam pengelolaan proses dari pengembangan hingga pemasaran mencerminkan komitmen dan determinasi yang kuat.

B   Manajemen: Kemampuannya dalam mengelola modal dan strategi pemasaran menunjukkan keahlian dalam manajemen sumber daya dan operasi.

C   Keberuntungan: Sikap dan karakter Aisyah mencerminkan bahwa kesuksesannya sebagian besar bergantung pada keberuntungan. 

D   Visi: Dia memiliki pemahaman mendalam tentang proses pengembangan produk, menunjukkan visi jangka panjang dalam melihat potensi produk. 

E   Inovasi: Aisyah menunjukkan kreativitas dan kemampuan inovatif dalam mengidentifikasi produk baru.

 

Soal No.14 dari 60

Dalam rangka penjaminan mutu pendidikan di sebuah madrasah, proses pengawasan yang dilakukan oleh satuan pendidikan tidak terbatas pada evaluasi akhir tahun saja; sebaliknya, selama tahun ajaran berlangsung, satuan pendidikan secara rutin melakukan pemantauan dan penilaian internal untuk memastikan bahwa program dan kegiatan pendidikan berjalan sesuai rencana. 

Pernyataan berikut yang bukan merupakan kegunaan dari hasil evaluasi mutu madrasah adalah ….

 

Jawaban

A   sebagai evaluasi kinerja guru dan mengambil tindakan tegas jika diperlukan

B   sebagai peta mutu madrasah berikutnya

C   sebagai dasar untuk menyusun rencana kerja berikutnya

D   sebagai dasar penentuan standar kinerja

E   sebagai dasar dalam menentukan standar kinerja madrasah

 

Soal No.15 dari 60

Dalam penempatan peserta didik baru, madrasah memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap peserta didik diperlakukan dengan adil dan setara, tanpa adanya perlakuan diskriminatif. 

Untuk mencapai hal tersebut, faktor yang perlu dipertimbangkan dalam proses penempatan peserta didik baru adalah sebagai berikut, kecuali ….

 

Jawaban

A   hasil asesmen awal tentang potensi dan kemampuan peserta didik baru

B   hasil asesmen awal tentang minat peserta didik baru

C   kurikulum yang digunakan oleh madrasah

D   kondisi ekonomi dan sosial keluarga peserta didik baru

E   kesesuaian jumlah siswa dengan daya tampung di setiap kelas

 

Soal No.16 dari 60

Sebagai Kepala Madrasah Insan Madani yang baru, Pak Haris menyusun program supervisi akademik. Program tersebut disampaikan pada rapat dewan guru. Namun, ada permohonan dari salah satu guru agar supervisi dilaksanakan hanya fokus pada satu model pembelajaran aktif dengan alasan agar guru dapat mendalaminya dengan baik, sehingga diperlukan pendampingan tentang model pembelajaran aktif. 

Analisis tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh kepala madrasah adalah ....

Jawaban

A   memenuhi pemintaan guru melaksanakan pendampingan pembelajaran aktif sebelum pelaksanaan supervisi

B   mengkoreksi guru tersebut karena hanya meminta fokus pada satu model pembelajaran pada pelaksanaan  supervisi akademik 

C   melakukan pendekatan secara pribadi dan meminta guru tersebut untuk mendalami sendiri sebelum pelaksanaan supervisi akademik 

 D  meminta guru senior untuk melakukan pendampingan agar guru dapat fokus pada satu model pembelajaran aktif saat pelaksanaan  supervisi akademik

 E  membebaskan guru untuk tidak menjadi sasaran pelaksanana supervisi akademik oleh kepala madrasah karena hanya fokus pada satu model pembelajaran aktif

 

Soal No.17 dari 60

Pak Heri selaku Kepala Madrasah Al Ikhlas berencana melakukan supervisi akademik perangkat pembelajaran mata pelajaran Fiqh. Pada semester sebelumnya, terjadi pelaksaan kegiatan supervisi yang berbenturan antara beberapa orang guru, sehingga harus ditunda pelaksanaan supervisi pembelajarannya.  

Agar hal tersebut tidak terulang lagi, tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh kepala madrasah adalah ....

 

Jawaban

A   membagikan instrumen supervisi perangkat pembelajaran 

B   melakukan studi banding ke madrasah/sekolah lain 

C   membuat tim supervisi yang membantu dalam menyusun RPP

D   menyusun jadwal supervisi akademik  

E   membina guru agar menjadi guru profesional

 

Soal No.18 dari 60

Seorang wirausaha yang berusaha untuk tetap kompetitif selalu memperhitungkan risiko, pandai merancang bisnisnya, mengoptimalkan peluang, dan bertindak solutif untuk mencapai target usahanya.

Berikut ini adalah contoh dari perilaku kerja prestatif, yaitu sikap kerja yang …

 

Jawaban

A   bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan atau mengambil keputusan.

B   merasa tidak mampu atau tidak memiliki keyakinan dalam kemampuan sendiri.

C   prokrastinasi

D   konsistensi dan ketekunan dalam menjalankan tugas-tugasnya, serta berusaha untuk memberikan hasil terbaik dalam setiap tugas yang dilakukan.

E   menghindari konflik atau ketegangan dalam hubungan kerja tanpa mencari solusi yang tepat.

 

Soal No.19 dari 60

Kepala madrasah berkeinginan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan adil bagi semua peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus dengan melibatkan kolaborasi aktif pendidik dan tenaga kependidikan. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, tindakan awal kepala madrasah dalam merancang program yang efektif adalah ….

 

Jawaban

A   menyelenggarakan pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan tentang penyelenggaraan pembelajaran yang ramah anak berkebutuhan khusus

B   mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif

C   mengadakan pertemuan rutin sekali setahun dengan melibatkan pendidik dan tenaga kependidikan untuk membahas isu-isu terkait anak berkebutuhan khusus

D   memberikan fasilitas tambahan secara khusus kepada peserta didik berkebutuhan khusus dan pendidik yang mengajar di kelas peserta didik berkebutuhan khusus

E   membangun fasilitas sekolah yang ramah terhadap anak berkebutuhan khusus berdasarkan masukan pendidik dan tenaga kependidikan

 

Soal No.20 dari 60

Berikut ini terdapat beberapa pernyataan. Pernyataan yang menurut Anda benar adalah ...

Jawaban

A   Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik merupakan pembinaan dan teguran yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang telah memenuhi standar. Namun, koreksi yang bersifat mendidik diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi standar. 

B   Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik merupakan penguatan dan penghargaan yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang telah memenuhi standar. Namun, pembinaan (coach) yang bersifat mendidik diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi standar. 

C   Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik merupakan pembinaan dan penguatan yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang telah memenuhi standar. Namun, pembinaan (coach) yang bersifat mendidik diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi standar.

D   Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik merupakan pembinaan dan penghargaan yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang telah memenuhi standar. Namun, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi standar. 

E   Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik merupakan penguatan  dan koreksi yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang telah memenuhi standar. Namun, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah yang belum memenuhi standar.

 

Soal No.21 dari 60

Muhammad Yunus, penerima Nobel di bidang sosial, mendirikan Grameen Bank yang berfokus pada melayani dan memberdayakan kaum miskin di Bangladesh.

Contoh teladan nyata dari Muhammad Yunus yang dapat diintegrasikan di madrasah adalah...

 

Jawaban

A   menekankan pentingnya investasi di pasar saham.

B   mengajarkan cara menggunakan media sosial untuk menjadi selebriti.

C   mengajarkan siswa cara bermain game online untuk mendapatkan uang.

D   menganjurkan siswa untuk mengutamakan karier di sektor teknologi tinggi.

E   mengajarkan prinsip kewirausahaan sosial kepada siswa untuk memberdayakan komunitas.

 

Soal No.22 dari 60

Sistem yang terintegrasi melalui platform digital berbasis teknologi sejauh ini terbukti sangat efektif dalam menyajikan informasi yang akurat dan up-to-date. Sistem tersebut dapat mempermudah proses administrasi di madrasah dengan menyediakan sistem yang terintegrasi untuk pengelolaan data siswa, keuangan, dan rekam jejak akademis sehingga dapat mengurangi kebutuhan akan pencatatan manual dan mengoptimalkan waktu administrasi.

Ilustrasi di atas mencerminkan manfaat penggunaan TIK dalam ketatausahaan madrasah dalam aspek ….

Jawaban

A   efisiensi penyimpanan dan pemulihan data

B   peningkatan pengelolaan sumber daya madrasah

C   penyerdehanaan proses administrasi

D   peningkatan komunikasi

E   peningkatan akses dan transparansi informasi

 

Soal No.23 dari 60

Pengambangan madrasah secara berkelanjutan membutuhkan kolaborasi yang efektif antara pihak madrasah, orang tua siswa dan berbagai mitra atau instansi terkait. 

Tindakan kepala madrasah yang tepat untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pengembangan madrasah adalah ….

 

Jawaban

A   melakukan pertemuan rutin dengan wali murid untuk menggalang dana pengembangan madrasah

B   menyusun proposal pengembangan madrasah dengan melibatkan guru dan tenaga kependidikan

C   melakukan pertemuan rutin dengan wali murid untuk mendiskusikan perkembangan dan kebutuhan madrasah

D   mengajukan permohonan bantuan dana pengembangan madrasah kepada dinas pendidikan setempat

E   mengunggah laporan tahunan tentang perkembangan madrasah melalui website sekolah

 

Soal No.24 dari 60

Kepala Madrasah diharapkan memiliki kemampuan untuk mengembangkan kebijakan dan menciptakan budaya sekolah yang inklusif, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar di mana semua siswa merasa diterima dan memiliki peluang yang sama untuk berkembang. 

Pernyataan di bawah ini merupakan kebijakan kepala madrasah yang relevan dengan program penciptaan budaya sekolah yang inklusif, kecuali ….

 

Jawaban

A   berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan sekolah yang menerima, mendukung, dan memahami kebutuhan beragam siswa

B   meningkatkan aksesibilitas fasilitas sekolah, seperti kelas, laboratorium, perpustakaan, dan toilet, sehingga dapat diakses oleh seluruh siswa

C   mengembangkan dan menerapkan kurikulum yang fleksibel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tahapan belajar siswa

D   menginformasikan secara kompresensif kepada seluruh warga sekolah dan pihak terkait tentang konsep pendidikan yang inklusif untuk mencegah perbedaan pemahaman 

E   mengembangkan dan menerapkan kurikulum yang fleksibel hanya kepada siswa penyandang disabilitas

 

Soal No.25 dari 60

Perhatikan pernyataan berikut ini.

(1) merinci tujuan pendidikan

(2) identifikasi indikator kinerja yang spesifik

(3) pengumpulan data secara berkala

(4) analisis data secara terintegrasi

(5) interpretasi hasil analisis data

Urutan langkah yang tepat dalam proses monitoring dan evaluasi yang efektif adalah ….

 

Jawaban

A   (2), (3), (1), (4), dan (5)

B   (1), (3), (2), (4), dan (5)

C   (1), (2), (3), (4), dan (5)

D   (2), (1), (3), (4), dan (5)

 

Soal No.26 dari 60

Sebagai seorang Kepala Madrasah, tugas utama Anda dalam mendukung perkembangan peserta didik adalah ….

 

Jawaban

A   mengajar langsung kepada peserta didik

B   menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inklusif

C   menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai

D   melakukan supervisi pembelajaran yang berkelanjutan

E   mengatur ruang dan jam pembelajaran

 

Soal No.27 dari 60

Perhatikan ilustrasi teks berikut!

Maulida, Azka, dan Nafiq adalah anggota tim entrepreneur muda inspiratif di Madrasah Aliyah Negeri 5 Telaga Mas. Mereka mengamati lingkungan sekolah, khususnya dalam hal pengelolaan kertas bekas pakai. Berawal dari kepedulian terhadap jumlah kertas yang dibuang dari kantin, koperasi siswa, dan asrama, mereka berupaya mengelola kertas bekas tersebut secara produktif dan ramah lingkungan. Mereka mulai merancang sebuah ide bisnis kewirausahaan yang melibatkan berbagai pihak dalam pengelolaan kertas bekas.

Maulida menyarankan agar fokus pengelolaan kertas dimulai dari kantin dan koperasi siswa, menggunakan metode daur ulang yang sederhana. Azka mengusulkan untuk memperluas cakupan pengelolaan kertas, mencakup kertas bekas dari kantin, koperasi siswa, dan asrama. Nafiq mengembangkan ide tersebut lebih lanjut dengan berkolaborasi bersama mitra yang ahli dalam mengubah kertas bekas menjadi produk yang bermanfaat.

Proyek mereka diberi nama PUTAR (Pelayanan 'Jemput-Antar dan Berkah Kertas'), yang melibatkan sumber kertas bekas dari rumah siswa dan masyarakat sekitar. Mereka menghadapi beberapa tantangan, seperti kurangnya tenaga kerja dan kebutuhan untuk komunikasi efektif dengan orang tua siswa serta pihak luar. Namun, mereka berharap produk yang dihasilkan dari kertas bekas ini dapat menjadi bonus atau insentif yang bermanfaat bagi siswa, orang tua, dan masyarakat.

Apa langkah awal yang efektif untuk merealisasikan ide rencana kewirausahaan ini di madrasah dan beberapa keluarga orang tua siswa?

 

Jawaban

A   Konsep rencana kewirausahaan lebih berfokus pada pengelolaan limbah kertas, dengan kerjasama bersama Kementerian Lingkungan Hidup. Limbah kertas yang diolah akan menghasilkan produk akhir yang dapat digunakan sebagai bahan daur ulang untuk pembuatan kertas baru dan kerajinan tangan.

 B  Mengintegrasikan ide kewirausahaan siswa dengan program kewirausahaan madrasah melalui aplikasi PUTAR yang akan direalisasikan. Proses dan biaya untuk mewujudkan ide pengelolaan limbah kertas ini akan dikelola secara mandiri oleh tim entrepreneur muda inspiratif. Produk akhir dari pengolahan limbah kertas dapat digunakan untuk bahan daur ulang kertas, kerajinan tangan, dan produk ramah lingkungan lainnya oleh orang tua siswa dan masyarakat.

C   Memperbaiki konsep bisnis plan pengelolaan kertas bekas di madrasah dengan berbasis digital, fokus pada pelayanan jemput-antar kertas bekas, kolaborasi pengelolaan kertas, dan manfaat yang kembali ke siswa serta warga. Keuntungan utama berasal dari hasil penjualan produk daur ulang oleh mitra pengelola kertas, yang menjadi modal utama kewirausahaan.

D   Memberikan arahan dan bimbingan yang berfokus pada jasa pengambilan kertas bekas dari berbagai sumber secara terbatas, menggunakan aplikasi PUTAR yang akan dikembangkan bersama tim IT madrasah. Program ini menawarkan keuntungan berupa bonus poin yang bisa ditukar dengan hadiah, aksesori, pulsa, atau lainnya bagi siswa, orang tua, dan warga yang berkontribusi.

E   Rencana kegiatan kewirausahaan akan lebih berfokus pada diversifikasi, tidak hanya terbatas pada limbah makanan dan UMKM. Limbah kertas akan diolah menjadi berbagai produk yang bermanfaat, seperti bahan daur ulang, kerajinan tangan, dan produk ramah lingkungan.

 

Soal No.28 dari 60

Ibu Nur, sebagai kepala madrasah, mengelola kewirausahaan dengan menjalin kerjasama dengan pengrajin batik tradisional di wilayahnya. Fokus kerjasama ini adalah pemasaran produk batik baik secara online maupun offline di madrasah. Kolaborasi ini telah berlangsung selama lebih dari tiga tahun. Pada tahun pertama, pemasaran dan penjualan batik berjalan lancar dengan pangsa pasar yang luas. Namun, seiring dengan munculnya pengusaha batik baru dan kompetitor yang menawarkan harga lebih terjangkau, terjadi penurunan drastis dalam omset penjualan. 

 

Langkah apa yang paling tepat bagi Ibu Nur untuk meningkatkan kembali omset penjualannya?

 

Jawaban

A   Menggunakan strategi pemasaran bersama produk batik dari UMKM  dengan pola bagi hasil fokus profit yang lebih menguntungkan.

B   Merekrut tenaga ahli dari madrasah atau UMKM lain yang dapat menjadi mentoring pendampingan.

C   Menggunakan strategi pemasaran baru yang dapat mendongkrak omset pendapatan kewirausahaan madrasah dan perajin batik serta membagi keuntungan secara merata.

D   Melakukan promo dan pemasangan iklan batik tradisional secara masif di media digital.

E   Memperbaharui teknik pemasaran, baik secara digital maupun offline, dengan mengoptimalkan keterlibatan stakeholder madrasah serta mengadakan promosi dan pameran untuk menemukan pangsa pasar baru.

 

Soal No.29 dari 60

Kehidupan sehari-hari di madrasah dan interaksi sosial masyarakat selalu diwarnai oleh kegiatan kewirausahaan, khususnya dalam bidang perdagangan. Semangat jiwa kewirausahaan ini telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. sejak usia muda.

Berdasarkan ilustrasi di atas, apa esensi penting dalam kewirausahaan yang harus diperhatikan?

 

Jawaban

A   Membangun branding dan kepercayaan melalui momen-momen strategis.

B   Menunjukkan keteladanan dalam berwirausaha dan mendorong kolaborasi keluarga.

C   Esensi penting dan modal utama dalam entrepreneurship atau kewirausahaan adalah kepercayaan (trust).

D   Menumbuhkan kejujuran dan komitmen yang tinggi.

E   Semangat jiwa kewirausahaan ditanamkan sejak usia dini dalam keluarga.

 

Soal No.30 dari 60

Pak Andi adalah kepala madrasah yang sedang melaksanakan supervisi akademik. Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran, Pak Andi melakukan pengecekan perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan guru terkait dengan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam pengecekan dokumen, Pak Andi menemukan RPP yang dibuat guru sama dengan guru yang lain, hanya diganti mata pelajaran dan materinya. 

Analisis tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Andi adalah ....

 

Jawaban

A   membina guru agar menjadi tenaga profesional dalam menyusun RPP

 B  meminta guru agar mengikuti pelatihan penyusunan RPP

 C  mendampingi guru dalam menjabarkan silabus menjadi RPP 

D   memberi peringatan dan sanksi kepada guru-guru yang tidak bisa menyusun RPP

E   membantu guru mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran

 

Soal No.31 dari 60

Sebagai kepala madrasah, Pak Ahmad menyadari betul bahwa manajemen anggaran yang efisien sangat penting dikuasai oleh kepala madrasah untuk memastikan sumber daya keuangan dialokasikan dengan baik dalam rangka pengadaan, pemeliharaan, perbaikan, dan pengembangan sarana dan prasarana madrasah. 

Pernyataan di bawah ini yang mencerminkan tindakan Pak Ahmad selaku kepala madrasah pada aspek perencanaan anggaran adalah ….

 

Jawaban

A   melakukan pencatatan yang sistematis atas seluruh transaksi yang berkaitan dengan anggaran madrasah

B   menyusun anggaran berdasarkan rancangan anggaran pada tahun sebelumnya

C   menyusun anggaran berdasarkan kebutuhan dan prioritas madrasah

D   melakukan evaluasi atas efektivitas penggunaan anggaran madrasah

E   melakukan audit secara berkala atas penggunaan anggaran madrasah

 

Soal No.32 dari 60

Sebagai kepala madrasah baru di MA Al-Amin, Pak Ahmad sedang merencanakan perbaikan sistem administrasi madrasah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pendidikan. Dalam upaya ini, Pak Ahmad merasa penting untuk memastikan bahwa sistem yang akan dibangun juga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang cerdas. Sebagai bagian dari proses ini, Pak Ahmad telah melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru-guru, tendik, dan komite madrasah, dalam perumusan rencana. Salah satu pemangku kepentingan mengusulkan integrasi sistem TIK dengan sistem pembelajaran daring untuk meningkatkan akses siswa ke materi pembelajaran. 

Manakah sikap yang paling tepat untuk diambil oleh Pak Ahmad dalam menyikapi usulan tersebut?

 

Jawaban

A   Menolak usulan tersebut, karena hanya akan menambah kompleksitas administrasi madrasah tanpa manfaat yang nyata.

B   Menolaj usulan tersebut, karena integrasi sistem TIK dengan pembelajaran daring tidak memiliki hubungan dengan efisiensi administrasi.

C   Menyetujui usulan tersebut, dengan catatan hanya berlaku untuk guru-guru yang kreatif dalam pembelajaran daring.

D   Menolak usulan tersebut, karena integrasi TIK akan berjalan dengan efektif apabila di dukung oleh sarana dan prasarana yang baik,

E   Menyetujui usulan tersebut, karena dapat memperluas akses siswa ke pembelajaran daring, meningkatkan efisiensi, dan memberikan data yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.

 

Soal No.33 dari 60

Kepala madrasah Insan Cendekia akan melaporkan pelaksanaan kegiatan selama satu tahun pelajaran kepada pihak-pihak yang terkait di akhir tahun. 

Hal pokok yang akan dipertanggungjawabkan oleh kepala madrasah sebagai bahan laporan adalah ….

 

Jawaban

A   statistik kehadiran siswa, pendidik dan tenaga kependidikan

B   pencapaian kompetensi peserta didik dan kemajuan belajar siswa selama satu tahun pelajaran

C   ragam kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan dan jumlah siswa yang mengikutinya

D   rincian alokasi dan penggunanaan dana BOS 

E   ragam lomba yang diikuti dan prestasi yang dicapai atas lomba tersebut

 

Soal No.34 dari 60

Kepala madrasah diharapkan memiliki kemampuan yang baik dalam memetakan kualifikasi dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan proses penempatan dan pemberian tugas yang relevan. Berikut ini beberapa rujukan yang dapat dijadikan acuan oleh kepala madrasah:

(1) Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

(2) Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang Guru,

(3) Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 890 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat Pendidik,

(4) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Madrasah, dan Pengawas Madrasah.

Acuan yang dapat digunakan kepala madrasah dalam penempatan dan pemberian tugas kepada pendidik adalah ….

 

Jawaban

A   (1), (2), dan (4)

B   (1), (2), (3), dan (4)

C   (1), (3), dan (4)

D   (1), (2), dan (3)

E   (2), (3), dan (4)

 

Soal No.35 dari 60

Bagaimana kepala madrasah dapat memastikan bahwa Sistem Informasi Madrasah (SIM) yang dibangun dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan? 

 

Jawaban

A   Menyediakan pelatihan kepada guru dan tendik tentang penggunaan sistem tersebut.

B   Mengandalkan intuisi dan pengalaman pribadi kepala madrasah.

C   Memberikan akses layanan internet kepada guru-guru, tendik dan siswa.

D   Mendukung internet sehat dan memblokir situs yang berbahaya.

E   Memberikan akses sistem informasi madrasah yang sama kepada semua pihak.

 

Soal No.36 dari 60

Di Madrasah Al-Falah, kepala madrasah ingin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan madrasah. Salah satu strategi yang diajukan adalah memperkuat penerapan asas transparansi dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan. 

Manakah dari pernyataan berikut ini yang paling efektif dalam menerapkan asas transparansi?

 

Jawaban

A   Menyediakan laporan keuangan hanya pada pengurus madrasah dan pihak berwenang terkait.

B   Menyimpan semua dokumen keuangan hanya di komputer kepala madrasah untuk menjaga kerahasiaan.

C   Memublikasikan laporan keuangan secara periodik di situs web madrasah dan mempresentasikannya dalam rapat umum tahunan yang terbuka untuk umum.

D   Mengadakan rapat tertutup bulanan dengan beberapa orang tua murid terpilih untuk membahas pengelolaan dana.

E   Meminta semua staf untuk tidak membocorkan informasi keuangan madrasah kepada orang luar.

 

Soal No.37 dari 60

Berikut ini yang bukan merupakan tujuan penggunaan teknologi informasi sebagai media penyampaian informasi madrasah adalah ….

 

Jawaban

A   sarana komunikasi antara madrasah, orang tua, siswa, dan urusan pribadi kepala madrasah tanpa batasan waktu

B   sarana promosi untuk memperkenalkan madrasah kepada masyarakat umum

C   sarana komunikasi antara madrasah, orang tua, siswa, masyarakat tanpa batasan waktu

D   sarana publikasi program kerja dan kegiatan madrasah kepada pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan

E   sarana orangtua/wali siswa dalam memonitor perkembangan anak di madrasah

 

Soal No.38 dari 60

Berikut terdapat beberapa pernyataan. Pernyataan yang menurut Anda benar adalah …

 

Jawaban

A   Supervisi Akademik merupakan bentuk pembinaan yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan tujuan pendidikan madrasah.

 B  Supervisi Akademik merupakan bentuk pengawasan oleh pengawas dan kepala madarsah yang diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan tujuan pendidikan madrasah.

 C  Supervisi Akademik merupakan bentuk pengawasan yang diberikan pengawas madrasah  kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan tujuan pendidikan madrasah.

 D  Supervisi Akademik merupakan bentuk pembinaan yang diberikan pengawas madrasah  kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan tujuan pendidikan madrasah.

 E  Supervisi Akademik merupakan bentuk pembinaan yang diberikan kepadaguru dan tenaga kependidikan madrasah. Tujuannya adalah untuk mengoreksi dan mengevaluasi pelaksanaan kinerja sumber daya manusia dan memahami kebutuhan serta kesulitan siswa dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih sesuai dengan tujuan pendidikan madrasah. 

 

Soal No.39 dari 60

Kepala MA Bina Insani berencana membentuk tim review kurikulum yang terdiri dari kolaborasi guru senior dan junior. Tim tersebut akan bertanggung jawab untuk merancang kurikulum yang sesuai dengan peraturan terbaru. 

Sebagai manajer, apa yang seharusnya dilakukan kepala madrasah di tahap perencanaan untuk memastikan tim tersebut nantinya dapat bekerja secara efektif?

 

Jawaban

A   Memantau secara berkala aktivitas anggota tim untuk mengurangi tingkat resiko kesalahan dan kegagalan dalam penyusunan dokumen kurikulum madrasah.

B   Memberikan motivasi dan arahan selama proses penyusunan dokumen kurikulum madrasah sehingga seluruh anggota nyaman bekerja di dalam tim.

C   Menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas dan mengkomunikasikannya kepada anggota tim agar semua anggota tim memiliki pemahaman yang sama tentang arah dan fokus pekerjaan mereka.

D   Melakukan pendampingan dan pembimbingan kepada anggota tim selama proses penyusunan dokumen kurikulum madrasah.

 E  Mengevaluasi hasil kinerja tim secara berkala untuk memastikan bahwa pengembangan kurikulum madrasah sesuai dengan peraturan terbaru.

 

Soal No.40 dari 60

Ibu Ani memiliki komitmen untuk melaksanakan supervisi akademik secara rutin. Berdasarkan hasil praobservasi diketahui bahwa Pak Agus mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Untuk itu, Ibu Ani ingin melakukan pendampingan proses pembelajaran di kelas Pak Agus. 

Hal ini perlu dilakukan oleh Ibu Ani untuk menolong Pak Agus dalam mengatasi masalah di dalam kelas.  Yang dilakukan oleh Bu Ani merupakan teknik supervisi akademik ….

 

Jawaban

A   pertemuan kelas individual

B   belajar di luar kelas

 C  kunjungan kelas 

 D  observasi kelas

 E  pertemuan kelas lain

 

Soal No.41 dari 60

Setelah melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB), madrasah menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan PPDB dan mengkomunikasikan laporan tersebut kepada pihak terkait. 

Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan PPDB yang baik mencakup informasi tentang ….

 

Jawaban

A   data peserta didik baru, juknis PPDB, rincian kegiatan dan anggaran biaya, evaluasi proses PPDB, saran dan rekomendasi, serta dokumen pendukung

B   program kerja PPDB, kriteria penerimaan peserta didik baru, daya tampung, juknis PPDB, dan hasil penerimaan peserta didik baru

C   data peserta didik baru, rincian kegiatan dan anggaran biaya, hasil rapat koordinasi, saran dan rekomendasi, dan pernyataan tanggung jawab

D   program kerja PPDB, hasil rapat koordinasi, analisis daya tampung, juknis PPDB, hasil penerimaan peserta didik baru, anggaran biaya, dan pernyataan tanggung jawab

E   data peserta didik baru, rincian kegiatan dan anggaran biaya, evaluasi proses PPDB, saran dan rekomendasi, dokumen pendukung, dan pernyataan tanggung jawab

 

Soal No.42 dari 60

Ibu Halimah adalah sosok wirausaha sukses yang memulai usahanya sejak sekolah dasar hingga kuliah. Mulai dari berjualan buku bekas, membuka usaha kue, hingga berjualan sembako, beliau menunjukkan kepiawaian berkomunikasi dan kemampuan berkolaborasi yang menjadi soft skill penting dalam perjalanan wirausahanya. Fluktuasi pasang surut dalam usahanya, serta kegagalan yang dihadapi, telah mempertajam ketahanan mentalnya dan memperkuat sikap pantang menyerahnya.

Karakter sikap keteladanan yang dapat dikembangkan di madrasah dari sosok Ibu Halimah adalah ...

 

Jawaban

A   impulsivitas

B   kepuasan diri

C   pasivitas

D   ketekunan

E   ragu-ragu

 

Soal No.43 dari 60

Suatu madrasah menerima alokasi dana dari Kementerian Agama untuk pengembangan fasilitas dan peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, bendahara madrasah membuat laporan keuangan yang terinci dan dapat diakses oleh semua pihak yang ada di madrasah untuk memastikan bahwa dana yang diterima dan digunakan sesuai dengan peruntukannya. 

Penerapan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan madrasah dalam ilustrasi di atas adalah ….

 

Jawaban

A   kepemilikan pribadi aset

B   transparansi dan pengungkapan 

C   laporan berkala

D   efisiensi pengeluaran dana

E   penggunaan dana tanpa verifikasi

 

Soal No.44 dari 60

Anda, sebagai kepala madrasah, memiliki tanggung jawab penting untuk menumbuhkan dan menguatkan jiwa serta sikap kewirausahaan pada siswa sejak dini. Melalui pendidikan yang berkelanjutan dari madrasah tingkat dasar hingga perguruan tinggi, siswa diberi kesempatan untuk belajar dan bersinergi dengan keluarga serta terjun langsung ke dalam dunia bisnis nyata, membentuk mereka menjadi wirausaha yang sukses.

Jika siswa memiliki keinginan kuat untuk memulai wirausaha sejak dini sambil belajar, langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memulai usaha yang sukses adalah...

 

Jawaban

A   tumbuhkan nilai komitmen tinggi, mandiri dan optimalkan momentum yang besar saja untuk keuntungan bisnis

B   mengembangkan mentalitas wirausaha berarti memiliki pola pikir bahwa bisnis akan berhasil. Teruslah berusaha dengan kreativitas, kemampuan beradaptasi, dan tindakan nyata untuk mewujudkan bisnis yang telah direncanakan.

C   menguatkan mental jujur, disiplin, pantang menyerah mempertahankan ide, dan kreatif hanya di bidang tata kelola keuangan

D   merencanakan dengan matang bisnisnya, perkaya terus pengalaman usahanya dan perkuat manajerial keuntungan

E   menentukan lokasi rencana bisnis yang strategis, pengawasan yang humanis ketat, dan kerja keras konsistensi tinggi hanya pada satu aspek nilai kewirausahaan

Soal No.45 dari 60

Manakah diantara pilihan berikut yang harus menjadi prioritas utama ketika seorang kepala madrasah membuat keputusan keuangan?

 

Jawaban

A   Memfokuskan anggaran untuk pembaruan teknologi informasi di setiap kelas.

B   Memastikan semua kegiatan ekstrakurikuler mendapat pembiayaan yang cukup.

C   Memastikan semua dana operasional madrasah tersedia dan cukup untuk mendukung kegiatan pembelajaran sehari-hari.

D   menciptakan proyek-proyek baru yang dapat memberikan kesan positif terhadap madrasah.

E   Menyimpan sebagian besar dana untuk keadaan darurat dan pengembangan infrastruktur jangka panjang.

 

Soal No.46 dari 60

Dalam pengelolaan madrasah, kepala madrasah melibatkan seluruh warga madrasah secara aktif dalam proses pengambilan keputusan dan pelayanan pembelajaran di madrasah. Kepala madrasah juga memotivasi dan mendorong keterlibatan seluruh warga madrasah agar tercipta lingkungan kerja yang lebih inklusif dan kolaboratif,

Prinsip manajemen yang diterapkan oleh kepala madrasah pada ilustrasi di atas adalah …. 

 

Jawaban

A   transaksional

B   laissez-faire

C   partisipatif

D   otoritarianisme

E   kesatuan komando

 

Soal No.47 dari 60

Kepala madrasah ingin memastikan bahwa madrasah akan memberikan kepada setiap siswa agar dapat mengembangkan dan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, serta dapat mengembangkan prestasinya. 

Dalam upaya memberikan dukungan tersebut, Upaya yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah adalah .…

 

Jawaban

A   menambah mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehingga semua siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut dapat memiliki keterampilan khusus

B   membentuk kelas unggulan, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal dengan pelayanan khusus yang telah dirancang

C   menambah jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan bakat anak dapat diberikan secara optimal

D   menambah jam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kondisi dan situasi keunggulan lokal

E   melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan madrasah, sehingga bakat siswa dapat berkembang secara optimal

 

Soal No.48 dari 60

Pada masa pengenalan lingkungan madrasah, kepala madrasah menerima surat pengaduan dari orang tua peserta didik terkait kekerasan verbal dan fisik yang dialami beberapa peserta didik baru akibat keterlambatan menyelesaikan tugas. Orang tua peserta didik baru meminta pertanggungjawaban dari pihak madrasah. 

Beradasarkan ilustrasi di atas, langkah paling tepat yang harus diambil oleh kepala madrasah adalah ….

 

Jawaban

A   memanggil panitia, memarahinya, dan meminta panitia untuk membuat surat permintaan maaf kepada orang tua peserta didik baru

B   melakukan klarifikasi kepada panitia, memberikan sanksi kepada panitia yang terbukti bersalah, dan menyerahkan kepada pihak berwajib

C   memberikan sosialisasi tentang perlindungan anak pada awal kegiatan masa pengenalan lingkungan madrasah untuk mencegah kejadian buruk dan menjaga keamanan peserta didik baru.

D   melakukan klarifikasi kepada panitia, memberikan pembinaan, dan membuat surat permohonan maaf atas nama madrasah

E   memanggil panitia, memberikan hukuman kepada panitia yang dianggap tidak bertanggung jawab, dan meminta mereka meminta maaf kepada orang tua peserta didik baru

 

Soal No.49 dari 60

Bu Chantika, Kepala Madrasah Insan Madani yang baru. Bu Chantika menyusun program supervisi akademik.  Program tersebut disampaikan pada rapat dewan guru. Namun, ternyata salah satu guru menolak untuk disupervisi karena menurut guru tersebut proses pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak perlu dinilai oleh kepala madrasah. 

Tindakan yang sebaiknya dipilih untuk dilakukan oleh kepala madrasah adalah ....

 

Jawaban

A   meminta guru senior untuk menilai kualitas pembelajaran guru tersebut melalui program supervisi akademik

 B  melakukan pendekatan secara pribadi dan meminta guru tersebut untuk mengundurkan diri jika masih menolak supervisi akademik 

 C  menerima permintaan guru tersebut untuk tidak disupervisi akademik karena hanya akan menganggu proses pembelajaran yang telah berjalan

D   menjelaskan kepada guru tersebut bahwa supervisi akademik dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran bukan untuk menilai guru

 E  mengkoreksi guru tersebut karena menolak supervisi akademik yang harus dilakukan oleh kepala madrasah

 

Soal No.50 dari 60

Pemanfaatan TIK dalam administrasi ketatausahaan madrasah dapat mengurangi penyediaan ruang penyimpanan fisik administrasi madrasah. Hal ini dikarenakan data tersimpan secara digital. 

Ilustrasi di atas mencerminkan manfaat penggunaan TIK dalam administrasi ketatausahaan madrasah pada aspek ….

 

Jawaban

A   peningkatan transparansi informasi

B   efisiensi penggunaan sarana madrasah

C   peningkatan akses informasi

D   penyederhanaan proses administrasi

E   efisiensi dalam penyimpanan dan pemulihan data

 

Soal No.51 dari 60

Sebagai Kepala Madrasah yang visioner, Anda sedang berupaya mewujudkan nota kesepahaman yang efektif dengan beberapa pihak, seperti komite sekolah, dunia usaha, perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan lain-lain. 

Untuk mewujudkan upaya tersebut, keterampilan yang Anda butuhkan adalah keterampilan …. 

 

Jawaban

A   manajemen konflik dan komunikasi yang efektif 

B   manajemen risiko dan manajemen konflik

C   negosiasi dan komunikasi yang efektif

D   negosiasi dan manajemen konflik

E   negosiasi dan manajemen risiko

 

Soal No.52 dari 60

Sistem yang terintegrasi melalui platform digital berbasis teknologi sejauh ini terbukti sangat efektif dalam menyajikan informasi yang akurat dan up-to-date dan diakses secara real-time oleh para guru, staf, orang tua, dan siswa. Hal ini meningkatkan transparansi dalam operasi madrasah dan memudahkan pengambilan keputusan yang didasarkan pada data aktual.

Ilustrasi di atas mencerminkan manfaat penggunaan TIK dalam ketatausahaan madrasah pada aspek ….

 

Jawaban

A   peningkatan transparansi informasi

B   penyederhanaan proses administrasi

C   peningkatan komunikasi

D   peningkatan akses dan transparansi informasi

E   efisiensi penyimpanan dan pemulihan data

 

Soal No.53 dari 60

Berikut ini adalah manfaat menggunakan Sistem Informasi Madrasah (SIM), yang berfungsi sebagai suatu platform integral untuk mendukung berbagai aspek kegiatan madrasah. 

(1) SIM berperan sebagai sarana informasi madrasah yang mendukung penyusunan program, memungkinkan pihak madrasah untuk merancang dan merencanakan kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler secara efektif.

(2) SIM berfungsi sebagai alat yang mendukung pengambilan keputusan, menyediakan data dan informasi yang diperlukan untuk memandu pengelolaan madrasah dengan lebih tepat dan efisien.

(3) SIM memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan produktivitas madrasah, karena memberikan akses yang mudah dan cepat terhadap informasi yang diperlukan oleh berbagai pihak terkait.

(4) SIM menjadi sarana komunikasi yang efektif, memungkinkan stakeholder madrasah untuk berkomunikasi secara lebih terstruktur dan efisien.

Pernyataan yang benar dari manfaat tersebut adalah …

 

Jawaban

A   (1), (2), (3), dan (4)

B   (1), (2), dan (4)

C   (2), (3), dan (4)

D   (1), (2), dan (3)

E   (1), (3), dan (4)

 

Soal No.54 dari 60

Seorang kepala madrasah berencana menjalin kemitraan dalam bentuk kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan di madrasah. 

Tindakan kepala madrasah untuk memastikan bahwa kolaborasi yang akan dilakukan tepat sasaran dan berjalan efektif adalah ….

 

Jawaban

A   memberikan ijin kepada mahasiswa untuk melakukan program magang di madrasah

B   memfasilitasi perguruan tinggi dalam menjalankan programnya di lingkungan madrasah

C   menyusun proposal kemitraan dengan perguruan tinggi dalam bentuk pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan

D   melakukan evaluasi atas pelaksanaan program kemitraan perguruan tinggi di madrasah

E   mengidentifikasi kebutuhan madrasah dan kesesuaian dengan program yang ditawarkan oleh perguruan tinggi

 

Soal No.55 dari 60

Kepala MA Nurul Bayan merencanakan akan memanfaatkan system data berbasis aplikasi. Berikut adalah alternatif tindakan yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah untuk mewujudkan hal tersebut:

(1) memanfaatkan atau mengembangkan sistem informasi sekolah/madrasah yang terintegrasi sehingga dapat diakses secara terpusat

(2) memanfaatkan sistem data berbasis aplikasi untuk menghasilkan laporan dan analisis yang akurat, relevan dan bermanfaat

(3) memanfaatkan data yang dihasilkan oleh sistem untuk pengambilan keputusan strategis

(4) melatih dan mendampingi tenaga kependidikan dalam memahami dan menggunakan sistem data berbasis aplikasi dengan baik. 

Alternatif tindakan yang relevan dengan pengelolaan ketatausahaan madrasah yang efektif adalah ….

 

Jawaban

A   (2), (3), dan (4)

B   (1), (2), (3), dan (4)

C   (1), (2), dan (3)

D   (1), (3), dan (4)

E   (1), (2), dan (4)

 

Soal No.56 dari 60

Kepala madrasah seharusnya dapat memastikan bahwa teknologi informasi digunakan secara efektif, sehat dan bijak oleh semua unsur yang ada di madrasah. Untuk dapat memastikan bahwa guru, siswa dan tendik memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran dan manajemen madrasah. 

Upaya yang dapat dilakukan oleh kepala madrasah adalah …

 

Jawaban

A   medorong guru, siswa dan tendik untuk belajar mandiri terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan manajemen madrasah

B   menginstruksikan kepada semua guru, siswa dan tendik untuk dapat menggunakan smartphone, laptop, komputer dan perangkat teknologi lainnya sebagai media dan sumber belajar

C   mendorong guru dan siswa untuk dapat mengakses berbagai platform yang menyediakan layanan penggunaan teknologi dalam pembelajaran

D   merencanakan dan menyelenggarakan pelatihan untuk guru, siswa dan tendik terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan manajemen madrasah

E   menghimbau secara lisan maupun tertulis agak semua pihak yang ada di lingkungan madrasah dapat menggunakan internet secara bijak

 

Soal No.57 dari 60

Pada saat penerimaan peserta didik baru di awal tahun pelajaran, diketahui ada beberapa anak berkebutuhan khusus yang mendaftar ke madrasah. Kepala madrasah mengetahuinya dan berkomitmen kuat untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berkeadilan bagi anak berkebutuhan khusus di madrasahnya. 

Bentuk dukungan kepala madrasah dalam memberikan layanan pembelajaran yang berkeadilan bagi peserta didik berkebutuhan khusus adalah ….

 

Jawaban

A   memberikan guru kebebasan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk menumbuhkan kreatifitas guru

B   berkomunuikasi dengan orang tua untuk menyiapkan guru pendamping khusus bagi anak tersebut agar dapat mengikuti pembelajaran reguler

C   menerapkan prinsip keadilan dengan memberikan pelayanan yang sama kepada semua siswa

D   Meminta orangtua untuk mengurus segala kebutuhan anak di madrasah dengan tetap mengikuti program belajar regular di madrasah

E   memberikan pelatihan tentang pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus kepada semua guru

Soal No.58 dari 60

Seorang Kepala Madrasah telah menetapkan tim pengembang kurikulum untuk mengintegrasikan dan melakukan penyesuaian implementasi kurikulum baru yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Salah seorang anggota tim pengembang kurikulum menyarankan beberapa perubahan signifikan untuk menyesuaikan dengan panduan pengembangan kurikulum yang baru, sehingga menyebabkan perubahan mendasar pada desain kurikulum yang telah ada. 

Berdasarkan ilustrasi teersebut, tindakan kepala madrasah untuk menyikapi masalah di atas adalah ….

 

Jawaban

A   tidak menerima usulan perubahan tersebut karena dapat mengubah desain kurikulum sebelumnya yang telah terbukti keberhasilannya 

B   memfasilitasi forum diskusi untuk mengkaji relevansi usulan perubahan dengan kondisi madrasah

C   menerima semua usulan perubahan yang diajukan oleh anggota tim untuk mempercepat proses pengembangan kurikulum

D   menerima semua usulan perubahan yang diajukan oleh anggota tim selama memberikan keuntungan bagi pengelolaan madrasah 

E   memfasilitasi forum diskusi untuk mengkaji relevansi usulan perubahan dengan peraturan yang berlaku dan kondisi madrasah

 

Soal No.59 dari 60

Pak Parman adalah Kepala Madrasah yang sedang melaksanakan supervisi akademik. Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran, Pak Parman melakukan pengecekan perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan guru terkait dengan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam pengecekan dokumen, Pak Parman menemukan RPP yang dibuat guru, tertulis nama madrasah lain, sedangkan nama kepala madrasah sudah benar. 

Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Parman adalah ....

 

Jawaban

A   meminta guru agar mengikuti pelatihan penyusunan RPP

 B  mendampingi guru dalam menjabarkan silabus menjadi RPP 

 C  membantu guru mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran

 D  membina guru agar menjadi tenaga profesional dalam menyusun RPP

 

E   memberi peringatan dan sanksi kepada guru-guru yang tidak bisa menyusun RPP

 

Soal No.60 dari 60

Tim Inisiator Wirausaha Muda MA 01 di Telaga Mas, Jawa Timur, berada di lingkungan madrasah yang dikelilingi oleh ladang jagung luas milik petani lokal. Setiap musim panen, tim ini memanfaatkan bonggol jagung yang melimpah untuk menghasilkan produk olahan seperti campuran kue, puding, dan es. Produk-produk ini dijual oleh koperasi madrasah dengan harga Rp 9.500 per item, sementara koperasi membeli dari Tim Inisiator Wirausaha Muda dengan harga Rp 7.000 per produk. 

 

Dari ilustrasi tersebut, terlihat bahwa terjadi kerja sama konsinyasi. Dengan sistem penjualan seperti ini, resiko bisnis apa yang paling kecil bagi Tim Inisiator Wirausaha Muda MAN 1 Telaga Mas?

 

Jawaban

A   Tim Inisiator Wirausaha Muda MAN 1 tidak dapat leluasa memilih lokasi strategis produknya akan dipajang. 

B   Produk yang tidak layak konsumsi atau rusak dapat dikembalikan oleh koperasi madrasah atau diganti dengan produk lain. 

C   Produk dapat rusak saat dititipkan karena ketidakmampuan untuk memantau secara langsung, serta adanya peluang kerusakan yang terjadi selama penanganan oleh koperasi madrasah atau pelanggan.

D   Koperasi madrasah mendapatkan keuntungan atau imbalan jika produk dari Tim Inisiator Wirausaha Muda MAN 1 dipasarkan sebagai produk utama.

E   Tim Inisiator Wirausaha Muda MAN 1 hanya akan mendapatkan keuntungan jika barang titipan mereka berhasil terjual.


Catatan :

Jawaban akan dirilis setelah hasil (nilai) AKGTK diumumkan.

BACA JUGA:

Post a Comment

Previous Post Next Post