Buku Framework Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2022 pdf

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan bentuk asesmen yang dikembangkan di Kementerian Agama. AKMI sebagai asesmen yang komprehensif bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan peserta didik madrasah seluruh Indonesia. Rekomendasi hasil asesmen digunakan untuk layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar dalam menyusun suatu rancangan perbaikan pembelajaran.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan bentuk asesmen yang dikembangkan di Kementerian Agama. AKMI sebagai asesmen yang komprehensif bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan peserta didik madrasah seluruh Indonesia. Rekomendasi hasil asesmen digunakan untuk layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar dalam menyusun suatu rancangan perbaikan pembelajaran.


Ada empat literasi yang dibidik pada AKMI 2022: literasi membaca, literasi sains, literasi numerasi, dan literasi sosial budaya. Keempat literasi tersebut mendapat prioritas karena dua literasi (membaca dan numerasi) sesuai dengan skema asesmen nasional, sedangkan selebihnya sebagai penciri madrasah. Keempat literasi itu juga sesuai dengan kecakapan abad ke-21 yang menuntut peserta didik untuk dapat mengikuti  perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan. Dengan menguasai kecakapan abad ke-21, peserta didik akan memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan dan memanfaatkan teknologi/media informasi, serta dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan kecakapan hidup (life skill).


Kementerian Agama Republik Indonesia melalui program REP MEQR (Realizing Education Promise-Madrasah Education Quality Reform) bekerja sama dengan Bank Dunia berkeinginan mewujudkan hal tersebut sehingga diperlukan adanya desain pengembangan atau kerangka kerja (framework) soal AKMI. Desain pengembangan ini sebagai kerangka sekaligus acuan untuk implementasinya. Desain pengembangan soal AKMI disusun untuk membantu sekaligus member panduan kepada para penulis soal sekaligus inspirasi kepada madrasah dalam mengembangkan soal-soal yang dapat menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir abad ke-21.


Terdapat beberapa penyempurnaan kerangka kerja dan kisi-kisi AKMI tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Sebagai contoh, desain MSAT yang semakin diselaraskan dengan kebutuhan tes diagnostik, mengikuti rekomendasi Bank Dunia. Artinya, suatu keputusan bahwa peserta didik tertentu tidak menguasai suatu kompetensi harus diuji minimal oleh dua soal yang bentuknya berbeda. Perubahan ini berimplikasi pada bangunan kerangka kerja soal maupun kisi-kisi. Tentu masih banyak penyempurnaan lain yang telah dilakukan tim.


Semua itu dapat terwujud berkat kolaborasi yang baik dari berbagai pihak: tim Komponen 2 REP MEQR Kemenag RI, pakar dari perguruan tinggi dan guru-guru madrasah terpilih selama lebih tiga bulan ini. Karenanya, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semuanya yang telah berkontribusi dalam penyusunan desain pengembangan soal dan kisi-kisi AKMI. Semoga amal baik mereka semua akan dicatat Allah SWT.


Buku format pdf Framework Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2022 selengkapnya dapat dibaca dan didownload pada tautan di bawah ini:



BACA JUGA:

Post a Comment

أحدث أقدم