AKMI bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik atau memetakan tingkat kompetensi peserta didik dari hasil belajar kognitif yang berupa kemampuan literasi yang mencakup literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya. Tingkat kompetensi ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. AKMI akan mendukung “Teaching at the right point”. Selain itu, AKMI merupakan asesmen diagnostik untuk menghasilkan informasi akurat yang dapat menjadi pondasi untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang berdampak pada perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Karena itu, program AKMI pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran.
Dalam konteks pembelajaran, hasil AKMI memberikan bahan dasar yang dapat digunakan sebagai acuan bagi guru untuk memperoleh informasi tentang kompetensi peserta didik dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial-budaya. Hasil AKMI menunjukkan seberapa tinggi tingkat penguasaan peserta didik dalam keempat literasi tersebut. Dari hasil AKMI tersebut, guru dapat mengetahui dan memahami secara objektif kompetensi peserta didik dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial-budaya. Pemahaman ini penting bagi guru agar dapat melaksanakan pembelajaran secara inovatif dan kreatif serta mengantisipasi dan meminimalkan problema belajar peserta didik yang kemungkinan terjadi dalam aktivitas pembelajaran. Selain itu, guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Data asesmen dari AKMI tidak akan memberikan dampak secara optimal pada mutu proses dan hasil pembelajaran apabila tidak dimanfaatkan dengan baik oleh guru dalam perbaikan sistem pembelajaran. Data hasil AKMI merupakan data objektif-empiris tentang kondisi kompetensi peserta didik dalam pembelajaran. Data tersebut memiliki makna penting dalam merancang system pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi semakin berkualitas sehingga mampu menjangkau kebutuhan peserta didik dalam belajar. Perbaikan proses belajar akan berdampak secara positif pada capaian kompetensi peserta didik dalam belajar. Karena itu, data hasil AKMI akan bermakna apabila digunakan secara benar, konkret, dan operasional dalam perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan pembelajaran.
Untuk memberikan makna pada hasil AKMI, diperlukan mekanisme dan aktivitas konkret untuk mengawal proses pembelajaran yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan AKMI. Tanpa pengawalan yang terprogram secara sistemis dan sistematis, kualitas proses dan hasil pembelajaran tidak akan tercapai secara optimal sebagaimana yang diprogramkan oleh AKMI. Karena itu, guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan dan pembelajaran perlu diberi bekal pemahaman yang memadai agar mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran yang berkualitas baik, berwawasan ke depan, dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan perencanaan tersebut, guru diharapkan dapat melaksanakan pembelajaran secara kreatif dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga mampu mengembangkan karakter peserta didik yang mandiri, kreatif, dan mampu memecahkan masalah dalam kehidupannya.
- 101 AKMI sebagai Tes Diagnosis Siswa Madrasah
- 102 IV Dinamika Kelompok
- 103 IV Overview pelatihan Instruktur Visitasi
- 201 IVD Kebijakan Pelaksanaan dan Tindaklanjut Hasil AKMI
- 202 IVD Pemaknaan Hasil AKMI
- 203 IVD Wawasan Literasi Membaca
- 204 IVD Desain Pembelajaran Literasi Membaca
- 205 IVD Wawasan Literasi Numerasi
- 206 IVD Desain Pembelajaran Literasi Numerasi
- 301 IVD Wawasan Literasi Sains
- 302 IVD Desain pembelajaran Literasi Sains
- 303 IVD Wawasan Literasi Sosial Budaya
- 304 IVD Desain Pembelajaran Literasi Sosial Budaya
- 305 IVD Wawasan Literasi Terintegrasi
- 306 IVD Desain Pembelajaran Literasi Terintegrasi
- 401 IVD Pemahaman Lintas Budaya Lokal di Indonesia
- 402 IVD Mitigasi lintas budaya Lokal di Indonesia
- 403 IVD Aspek Keselamatan Pelaksanaan Visitasi
- 404 IVD Brainstorming Mitigasi Pelaksanaan Visitasi Madrasah - Aspek Keselamatan
- 405 IVD Prosedur Pelaksanaan Visitasi Madrasah
- 406 IVD Bedah Instrumen Visitasi
- 407 IVD Etika Pelaksanaan Visitasi
- Capaian Kompetensi AKMI
- CK 1-5 Literasi Membaca
- CK 1-5 Literasi Numerasi
- CK 1-5 Literasi Sains
- CK 1-5 Literasi Sosial Budaya
- CK 1-5
- CK 3-7 Literasi Membaca
- CK 3-7 Literasi Numerasi
- CK 3-7 Literasi Sains
- CK 3-7 Literasi Sosial Budaya
- CK 3-7
- CK 5-9 Literasi Membaca
- CK 5-9 Literasi Numerasi
- CK 5-9 Literasi Sains
- CK 5-9 Literasi Sosial Budaya
- CK 5-9
- Jadwal Pelatihan Instruktur Visitasi (Daring)
- Jadwal Pelatihan Tindak Lanjut Hasil AKMI untuk Guru Madrasah
- Tata Tertib Pembekalan Calon Instruktur
- Template Skenario Pembelajaran
- Format RTL
- Contoh RPP (Modul Ajar) Berbasis Literasi
Post a Comment