SKENARIO PEMBELAJARAN / RPP / MODUL AJAR PEMBELAJARAN LITERASI (LITERASI MEMBACA, NUMERASI, SAINS DAN SOSIAL BUDAYA)

Merancang atau membuat rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan aktivitas penting dalam proses keseluruhan proses belajar-mengajar. Rancangan tersebut dapat memandu guru dalam melaksanakan pembelajaran, terutama bagi guru yang sedang dalam taraf pengembangan pengalaman mengajarnya. Namun, perancangan pembelajaran ini juga penting bagi guru yang sudah memiliki pengalaman panjang dalam mengajar karena hal ini merupakan pekerjaan yang tak terpisahkan dari tugas dan tanggung jawab seorang guru sebagai pendidik. 

Skenario pembelajaran dirancang berdasarkan model atau strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru. Langkah-langkah pembelajaran mengikuti sintaks yang digariskan oleh model pembelajaran tersebut, tetapi dari segi teknik pelaksanaannya guru dapar dapat mengembangkan secara kreatif dan menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran yang sedang berlangsung. Model-model pembelajaran tersebut banyak ragamnya. Model pembelajaran mana yang terbaik adalah model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, karakteristik peserta didik, kemampuan gurunya, dan kondisi lingkungan belajarnya. Model-model pembelajaran tersebut, di antaranya adalah pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, LOK-R (literasi, orientasi, kolaborasi, dan refleksi), pembelajaran berbasis lingkungan, pembelajaran inkuiri, dan sebagainya. 

Model-model pembelajaran yang disebutkan di atas tidak secara keseluruhan dikembangkan dalam senario pembelajaran ini. Skenario pembelajaran yang dikembangkan dalam modul hanya sebagai contoh dan mungkin sangat terbatas. Model-model pembelajaran tersebut secara teoritis juga tidak dicantumkan dalam modul ini. Dalam hal ini, guru dapat menggunakan rujukan tentang model-model pembelajaran tersebut dari sumber informasi di luar modul ini. Demikian juga, tidak semua materi pembelajaran dijabarkan  skenario pembelajarannya dalam modul ini karena contoh skenario yang dikembangkan dalam ini hanya bersifat memantik kreativitas guru. Guru dapat mengembangkan skenario pembelajaran ini secara lebih inovatif sesuai dengan kreativitasnya masing-masing sesuai dengan karakteristik peserta didik, konten, dan konteks materi yang diajarkan, pengalaman belajar yang akan dicapai, dan kondisi sekolah dan lingkungan tempat belajar. 

Pada umumnya, skenario pembelajaran terdiri atas tiga segmen, yakni awal pembelajaran, penyampaian inti pembelajaran, akhir pembelajaran.


Tahap Awal Pembelajaran

Tahap awal pembelajaran merupakan tahap penyiapan atau pengkondisian peserta didik agar siap untuk melaksanakan pembelajaran. Pada tahap awal pembelajaran ini, guru dapat melakukan berbagai teknik sesuai dengan konteks, kondisi, dan situasi yang terjadi di kelas. Untuk memulai pembelajaran, beberapa teknik berikut ini dapat digunakan oleh guru.

(1) Menyampaikan salam

(2) Mengajak peserta didik untuk berdoa

(3) Melakukan presensi atau mengecek kehadiran peserta didik (tidak harus dipanggil satu per satu)

(4) Menanyakan kondisi dan aktivitas yang telah dilakukan peserta didik

(5) Menyapa beberapa peserta didik yang dianggap perlu perhatian

(6) Melakukan tanya jawab tentang keseharian peserta didik (pertanyaan sedapat mungkin sejalan dengan materi pembelajaran yang akan dilakukan)

(7) Menceritakan hal penting yang menarik yang perlu diperhatikan peserta didik

(8) Mendorong semangat belajar peserta didik

(9) Menyampaikan fenomena atau peristiwa aktual yang ada di lingkungan peserta didik

(10) Membuat teka-teki edukatif sebagai ice breaking agar terbangun suasana belajar yang kondusif

(11) Melakukan apersepsi tentang materi-materi yang pernah dipelajari

(12) Melakukan pre-reading (pra membaca) terkait dengan materi ajar yang akan dipelajari

(13) Menjelaskan tujuan dan aktivitas belajar yang akan dilakukan hari itu

(14) Mengecek kesiapan peserta didik untuk memulai pelajaran

(15) Teknik-teknik lainnya yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan lingkungannya. 

Tahap Inti Pembelajaran

Tahap inti pembelajaran merupakan tahap penting dalam upaya penyampaian materi belajar untuk memperoleh pengalaman belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Aktivitas pembelajaran pada tahap ini bergantung pada model pembelajaran yang dipilih oleh guru untuk menyampaikan inti pembelajaran. Aktivitas tersebut di antaranya dapat berupa aktivitas berikut.

(1) Penjelasan materi konseptual melalui ceramah

(2) Pengamatan atau penelitian kecil

(3) Kerja mandiri

(4) Kerja kelompok

(5) Diskusi kelompok kecil dan kelas

(6) Tanya-jawab tentang topik tertentu

(7) Pelaporan hasil kerja projek

(8) Bimbingan atau konsultasi individual

(9) Dan sebagainya. 

Tahap Akhir Pembelajaran

Tahap akhir pembelajaran merupakan tahap penutup untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran pada pertemuan tersebut. Tahap tersebut merupakan tahap penting untuk melakukan refleksi terhadap aktivitas belajar yang telah dilakukan dan menentukan pengalaman belajar yang telah diperoleh selama aktivitas pembelajaran. Melalui kegiatan refleksi tersebut, guru dapat menentukan tindak lanjut untuk aktivitas pembelajaran selanjutnya. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan dalam mengakhiri pembelajaran tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

(1) Memberikan pos tes

(2) Menggali dan meminta pendapat tentang pengalaman belajar peserta didik

(3) Memberikan tugas pendalaman dan pengayaan

(4) Menyampaikan simpulan hasil belajar sebagai penguatan

(5) Memberikan saran dan apresiasi atas pengalaman belajar yang telah diperoleh

(6) Memberikan saran untuk mempertahankan motivasi belajar peserta didik

(7) Mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam

(8) Dan sebagainya. 

Berdasarkan tahap-tahap dalam pembelajaran, berikut ini disajikan benerapa contoh skenario pembelajaran untuk penguatan literasi yang dapat dibaca atau diunduh (download) melalui link Google Drive berikut ini:


KLIK DISINI UNTUK MEMBACA ATAU DOWNLOAD (MENGUNDUH) BEBERAPA SKENARIO PEMBELAJARAN / RPP  / MODUL AJAR PEMBELAJARAN LITERASI.

BACA JUGA:

Post a Comment

أحدث أقدم