Testimoni Berbagi Pengalaman Selama Pelaksanaan Visitasi AKMI
Oleh
: Afrizal Hasbi, M.Pd.
Tempat
Tugas : MTs Jam’iyah Islamiyah Kabupaten Ogan Ilir
Provinsi
Sumatera Selatan
Menjadi bagian dari kegiatan AKMI
merupakan sebuah anugerah bagi saya. Semenjak bergabung bersama AKMI banyak
pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan. Pada tahun 2022 saya mencoba
ikut seleksi sebagai Instruktur Visitasi Tindak Lanjut hasil AKMI dan
Alhamdulillah hasilnya sesuai harapan. Setelah mengikuti serangkaian seleksi saya
menerima SK sebagai Visitor tindak lanjut hasil AKMI tahun 2022. Pada tahun
2023 ini saya kembali mengikuti seleksi dengan posisi yang sama sebagai
Instruktur Visitasi Tindak Lanjut Hasil AKMI. Banyak pengetahuan dan pengalaman
baru yang saya dapatkan serta berbagai manfaat selama mengikuti kegiatan
Visitasi AKMI yaitu sebagai berikut:
1. Ikut Berpartisipasi Bersama Kementrian
Agama dalam Upaya Meningkatkan Mutu Madrasah
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yang
disingkat dengan AKMI merupakan salah satu upaya Kementrian Agama dalam
meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia
(AKMI) bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam berliterasi dan berpikir
tingkat tinggi pada empat literasi yaitu Literasi Membaca, Literasi Numerasi,
Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya. Menjadi Instruktur Visitasi Tindak
Lanjut Hasil AKMI merupakan suatu kesempatan untuk turut serta dalam program
yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama. Datang langsung ke Madrasah selain
memotret langsung bagaimana AKMI di madrasah sasaran dan juga pelaksanaan
tindak lanjutnya, sebagai Instruktur Visitasi juga dapat memberikan masukan
kepada pihak madrasah dan meneruskan apa yang menjadi harapan madrasah kepada
Kementrian Agama.
2. Meningkatkan Pengetahuan tentang
Asesmen Madrasah
Tahapan seleksi sebagai Instruktur Tindak
Lanjut AKMI yang diikuti tentunya membutuhkan kesiapan dalam pemahaman terhadap
asesmen yang dilaksanakan pada AKMI. Serangkaian pembekalan yang diikuti dan
juga materi yang dibagikan oleh para narasumber selalu kita pelajari tentunya
memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang AKMI itu sendiri. AKMI sebagai
asesmen diagnostik yang bertujuan untuk perbaikan pembelajaran dalam penguatan
kompetensi literasi membaca, numerasi, literasi sains dan literasi sosial
budaya, tentunya selaras dengan tuntutan pada Kurikulum Merdeka, dengan
memahami AKMI secara tidak langsung memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam
implementasi asesmen pada Kurikulum Merdeka di Madrasah.
3. Saling Berbagi (Sharing) Pengetahun dan Pengalaman Bersama Kepala dan Guru
Madrasah Indonesia
Semenjak mengikuti kegiatan AKMI mulai
dari seleksi, pembekalan dan pelaksanaan visitasi kita selalu bertemu dan
berhadapan dengan para narasumber, peserta dan juga kepala dan guru madrasah.
Pertemuan tersebut sangatlah berkesan, saling berbagi pengetahuan dan
pengalaman tidak hanya sebatas AKMI saja namun hal-hal lain dalam upaya
pengembangan madrasah, berbagai praktik baik yang diterapkan di madrasah dalam
rangka saling menguatkan dalam upaya mewujudkan madrasah yang mandiri dan
berprestasi. Kegiatan berbagi (sharing)
informasi, pengetahuan dan pengalaman dilakukan juga melalui grup media sosial
baik selama kegiatan pelatihan visitasi AKMI maupun setelah kegiatan selesai.
4. Mendapatkan Ispirasi dalam Upaya
Mengembangkan Madrasah
Setiap madrasah tentunya memiliki
kelebihan dan kekurangan. Setiap madrasah mempunyai cara tersendiri dalam
melaksanakan AKMI, ada yang mandiri dan ada juga yang masih menumpang. Dari
cerita yang disampaikan pihak madrasah, dapat diperoleh informasi bagaimana
madrasah berjuang dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pengalaman dari
masing-masing madrasah memberikan kesan tersendiri dan juga menjadi inspirasi
untuk berbagi kepada madrasah lainnya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan
di madrasah.
5. Memperluas Hubungan Silahturrahmi
Sesama Insan Pendidik di Kementrian Agama
Melalui serangkaian kegiatan AKMI dapat
menambah teman sesama pendidik dari berbagai wilayah di Indonesia. Melalui
berbagai pelatihan baik secara tatap muka maupun daring dan juga grup media
sosial dapat meningkatkan hubungan silaturahmi dan saling berbagi informasi,
ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam mendidik dan upaya peningkatan mutu
madrasah khususnya kemampuan literasi siswa melalui AKMI.
6. Selama perjalanan Visitasi Menuju
Madrasah Sasaran dapat Meningkatkan Kecintaan Pada Tanah Air dan Bangsa.
Saya berasal dari Kabupaten Ogan Ilir dengan madrasah sasaran berada di Kabupaten Musi Rawas, Lubuk Linggau dan Musi Rawas Utara dalam Provinsi yang sama yaitu Sumatera Selatan. Sumatera Selatan terdiri dari 12 Kabupaten dan 4 Kota Administratif. Selama perjalanan pergi menuju madrasah sasaran saya melalui beberapa Kabupaten dan Kota yaitu Ogan Ilir, Prabumulih, Pali, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Lubuk Linggau dan Musi Rawas Utara. Ketika Pulang saya lewat jalur yang berbeda dengan melewati Kabupaten Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Palembang. Selama perjalanan pergi dan pulang dari 16 Kabupaten Kota di Sumatera Selatan telah saya lalui 11 Kabupaten Kota, artinya sambil menyelam minum air, selama perjalanan pergi dan pulang saya dapat melihat keindahan dan keadaan alam Propinsi tempat saya tinggal. Hal ini merupakan pengalaman yang saya dapat selama melaksanakan Visitasi Tindak Lanjut Hasil AKMI. Melihat langsung keindahan alam selama perjalanan dapat menumbuhkan kecintaan pada tanah air dan bangsa Indonesia yang kita cintai ini.
Gambar : Dokumentasi Visitasi AKMI
Pada akhirnya selama pelaksanaan visitasi
saya bisa merasakan bahwa pihak madrasah telah berjuang dengan segala kemampuan
yang ada dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan juga kemampuan literasi
siswa madrasah. Berdasarkan hasil wawancara selama visitasi AKMI ada beberapa
hal yang sama yang diharapkan oleh pihak madrasah yang dapat saya rangkum
seperti berikut:
1. 90% Madrasah Ibtidaiyah belum memiliki
perpustakaan dan sebagaian besar MI yang saya kunjungi belum memiliki jumlah
buku bacaan yang memadai, sehingga bantuan buku-buku untuk bacaan siswa sangat
diharapkan madrasah.
2. Belum memiliki ruang khusus dan
peralatan komputer dalam pelaksanaan AKMI
3. Selain AKMI madrasah juga melaksanakan
ANBK, harapan dari beberapa madrasah kiranya bagi madrasah tidak lagi
melaksanakan ANBK karena bentuk asesmen
dan tujuannya hampir sama sehingga cukup AKMI saja yang dilaksanakan.
4. Sebagian besar madrasah yang dikunjungi
masih memiliki keterbatasan anggaran dalam upaya peningkatan kemampuan literasi
siswa. Madrasah swasta dengan jumlah siswa yang sedikit dan tentunya dana BOS
yang sedikit juga tentunya alokasi dana BOS banyak digunakan untuk honor guru
dan tenaga kependidikan. Kepada Madrasah yang seperti ini kiranya dapat
diberikan bantuan BOS Afirmasi sehingga membantu madrasah untuk membuat program
peningkatan literasi siswa.
Sukses selalu!
ReplyDeleteEmail:24080554016@mhs.unesa.ac.id
Website:https://pe.feb.unesa.ac.id/
Sukses selalu semuanya
ReplyDeletehttps://fisika.fmipa.unesa.ac.id/
24030224001@mhs.unesa.ac.id
sangat menginspirasi generasi muda untuk terus berusaha dan mencoba
ReplyDeletehttps://pgsd.fip.unesa.ac.id/
sukses terus buat siswa siswi MTS Jamiyah islamiyyah
ReplyDeletehttps://ilkom.fisipol.unesa.ac.id/
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSukses selalu!
ReplyDelete24050974127@mhs.unesa.ac.id
https://pendidikan-ti.ft.unesa.ac.id/
Semangat untuk berjuang, agar madrasah di Indonesia semakin maju, berkembang, dan berkualitas. Agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing yang unggul.
ReplyDeletehttps://pgsd.fip.unesa.ac.id/
Semangat, hidup madrasah
ReplyDelete24080314134@mhs.unesa.ac.id
https://pap.feb.unesa.ac.id/
Sukses selalu!! semoga kedepannya terus berkembang dan bisa menghasilkan lebih banyak prestasi yang membanggakan bagi Madrasah..
ReplyDeleteemail: 24020154009@mhs.unesa.ac.id
website: https://s1sing.fbs.unesa.ac.id/
mantab.
ReplyDeleteSukses selalu
ReplyDeletehttps://bk.fip.unesa.ac.id/
Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa .Semoga untuk kedepanya dapat terus berkembang lebih baik
ReplyDeleteMengikuti visitasi AKMI adalah pengalaman berharga yang membuka wawasan tentang pentingnya literasi dalam pendidikan. Selain berkontribusi langsung dalam peningkatan mutu madrasah, juga dapat banyak pengetahuan baru dan kesempatan berbagi pengalaman dengan sesama pendidik. Setiap madrasah memberikan inspirasi dan semangat untuk terus berusaha menjadi lebih baik. dengan ini akan menguatkan rasa cinta pada tanah air.
ReplyDeletehttps://ikom.fish.unesa.ac.id/
hidup madrasah!
ReplyDelete24030234076@mhs.unesa.ac.id
https://fmipa.unesa.ac.id/program-studi-kimia/
Ikutt dalam visitasi AKMI menjadi pengalaman yang sangat berharga, memperluas pemahaman akan pentingnya literasi dalam dunia pendidikan. Selain berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas madrasah, kegiatan ini juga menawarkan wawasan baru dan kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan sesama pendidik. Setiap madrasah yang dikunjungi memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus berbenah dan berkembang. Hal ini turut memperkuat rasa cinta dan dedikasi terhadap tanah air. saya doakan Sukses selalu
ReplyDelete24130704011@mhs.unesa.ac.id
https://fh.unesa.ac.id/
sangatt menginspiratif sekali... sukses selalu
ReplyDeletehttps://ikom.fisipol.unesa.ac.id/
sukses dan semangat siswa siswi MTS Jamiyah islamiyyah !!
ReplyDeletehttps://hmpd4tataboga.vokasi.unesa.ac.id/
sukses dan semangat dan semoga kedepannya dapat berkembang lebih baik
ReplyDelete24010644430@mhs.unesa.ac.id
https://pgsd.fip.unesa.ac.id/
Semoga berjuang ya dalam kegiatan AKMI. Moga kegiatan dilakukan sangat meriah. Kalau mau sewa speaker portabel untuk kegiatan AKMI buat presentasi dan lain sebagainya, bisa cek website kami sewa speaker portabel
ReplyDeletePost a Comment