Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengkondisian agar siswa baru merasa senang, nyaman dan bahagia. Oleh karena itu madrasah harus membuat pengalama pertama yang sangat berkesan secara positif kepada siswa baru. Matsama dilaksanakan mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Matsama termasuk kegiatan transisi agar siswa benar-benar secara mental siap mengikuti proses pembelajaran di lingkungan belajar yang baru.
Melalui kegiatan Matsama ini, para siswa baru
madrasah akan dikenalkan lingkungan madrasah, kebiasaan dan budaya madrasah, tata
tertib, sistem pembelajaran termasuk mengenalkan guru dan tenaga
kependidikannya, keunikan/kekhasan dan keunggulan madrasah. Di samping itu,
kegiatan Matsama ini juga digunakan untuk mengenalkan sejak dini beberapa
prinsip yang menjadi pegangan tata kehidupan warga madrasah agar tercipta iklim
akademik yang kondusif sarat dengan nilai akhlakul karimah.
Seluruh rangkaian kegiatan Matsama harus
didesain sedemikian rupa sehingga memberi pengalaman pertama di madrasah yang
menyenangkan, membahagiakan, dan tidak menegangkan. Karena itu kegiatan
Matasama harus bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan bagi semua siswa
termasuk siswa berkebutuhan khusus.
Untuk itu penyelenggaraan Matsama
perlu merujuk dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun
2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa Baru dan petunjuk
teknisnya yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI melalui
Direktor Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan ini.
Adapun tujuan dari pelaksanaan dari kegiatan
Matsama ini adalah sebagai berikut:
1. Menenalkan kepada peserta didik baru
terkait lingkungan belajar yang baru, mengenali keadaan diri dan sosialnya agar
memiliki kesiapan mental, megurangi rasa cemas dan agar dapat mudah
menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.
2. Menumbuhkan kebanggaan kepada para
siswa-siswi baru terhadap madrasah, memahami nilai-nilai madrasah, mencintai
dan menjaga nama baik almaternya.
3. Mengenalkan nila-nilai moderasi beragama,
menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif tidak eksklusif, ramah, anti kekerasan dan
bullying, anti pelecehan seksual, dan menghargai harkat-martabat
kemanusiaan.
4. Mengenalkan pola kebiasaan hidup bersih,
sehat dan halal di lingkungan madrasah, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggungjawab,
serta mental madiri berprestasi.
Berikut Materi Masa Taaruf Madrasah (Matsama
/ MPLS)
No. |
Materi |
Link Download |
1 |
Penguatan Moderasi Beragama
Untuk Siswa |
|
2 |
Empat Pilar Dalam Kehidupan
Berbangsa dan Bernegara |
|
3 |
Kesadaran Berbangsa dan
Bernegara |
|
4 |
A. Wawasan Wiyata Mandala |
|
5 |
B. Wawasan Wiayata Mandala |
|
6 |
A. Belajar Efektif |
|
7 |
B. Belajar Efektif |
|
8 |
Kurikulum Merdeka Madrasah |
|
9 |
Tata Krama |
|
10 |
Tata Cara Bermedia Sosial |
|
11 |
Bullying dan Cyber Bullying |
|
12 |
A. Penyuluhan PHBS |
|
13 |
B. Buku Saku PHBS |
|
14 |
Tata Tertib Peserta Didik |
|
15 |
Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 |
|
16 |
Pengantar dan Juknis MATSAMA
2024 |
Masyaallah kegiatan Matsama ini sangat bermanfaat bagi siswa dan merupakan kegiatan yang bagus sekali..
ردحذفEmail : 24080554090@mhs.unesa.ac.id
Website : https://pe.feb.unesa.ac.id/
Masyaallah kegiatan Matsama ini sangat bermanfaat bagi siswa dan merupakan kegiatan yang bagus sekali
ردحذفEmail : 24020774074@mhs.unesa.ac.id
Website : https://fbs.unesa.ac.id/
إرسال تعليق