Untuk membuat rubrik
analitik hal pertama yang perlu disiapkan adalah kriteria apa saja yang akan
dinilai di dalam rubrik tersebut. perhatikan rubrik berikut ini yang dibuat
untuk menilai kemampuan siswa dalam menjelaskan jenis dan ciri-ciri ikan air
tawar berdasarkan contoh video yang yang ditayangkan oleh guru.
Pada rubrik analitik terdapat tiga kriteria yang akan dinilai kriteria pertama yang akan dinilai adalah kemampuan mengutarakan jenis dan ciri-ciri ikan air tawar, kemudian kriteria kedua yang akan dinilai adalah kelancaran dalam bercerita, dan kriteria terakhir yang akan dinilai adalah kepercayaan diri saat bercerita. Setelah selesai menentukan kriteria yang akan dinilai langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah tingkat kualitas dalam rubrik ini kita akan menggunakan 4 skala pencapaian kinerja, yaitu sangat baik dengan poin 4, baik dengan poin 3, cukup dengan poin 2, dan perlu bimbingan dengan poin 1. Langkah selanjutnya adalah kita deskripsikan indikator apa yang melandaskan skala pencapaian kinerja yang sudah kita buat sebelumnya. Pertama deskripsi indikator sangat baik untuk kriteria pertama yang dinilai adalah siswa mampu menjelaskan 5 jenis dan ciri-ciri dari ikan air tawar, kemudian deskripsi indikator baik untuk kriteria pertama yang dinilai adalah siswa mampu menjelaskan 4 jenis dan ciri-ciri ikan air tawar, deskripsi indikator cukup untuk kriteria pertama adalah siswa mampu Menjelaskan tiga jenis dan ciri-ciri ikan air tawar, deskripsi indikator perlu bimbingan untuk kriteria pertama adalah siswa hanya mampu menjelaskan satu jenis dan ciri-ciri dari ikan air tawar.
Deskripsi indikator
kriteria pertama sudah selesai dibuat selanjutnya kita buat deskripsi indikator
untuk kriteria kedua. Deskripsi indikator sangat baik untuk kriteria kedua
adalah seluruh cerita disampaikan dengan penuh semangat antusias, jelas dan
menggunakan kontak mata dengan siswa lain yang mendengarkan. Deskripsi
indikator baik untuk kriteria kedua adalah setengah bagian cerita yang
disampaikan dengan jelas, intonasi yang tepat dan menggunakan kontak mata
dengan siswa yang mendengarkan. Deskripsi indikator cukup untuk kriteria kedua
adalah menceritakan dengan cukup jelas namun dengan intonasi datar dan kurang
menjaga kontak mata dengan siswa lain yang mendengarkan. Deskripsi indikator
perlu bimbingan untuk kriteria kedua adalah berbicara dengan rasa cemas tidak
nyaman dan tidak ada kontak mata karena pembicara hanya menunduk.
Deskripsi indikator
kriteria kedua sudah selesai dibuat selanjutnya kita buat deskripsi indikator
untuk kriteria ketiga. Deskripsi indikator sangat baik untuk kriteria ketiga
adalah siswa sangat percaya diri untuk bercerita dan tidak ragu-ragu. Deskripsi
indikator baik untuk kriteria ketiga adalah siswa sangat percaya diri untuk
bercerita dan tidak ragu-ragu. Deskripsi indikator baik untuk kriteria ketiga
adalah siswa mampu berbicara dengan tidak terbata-bata tenang dan tidak
canggung. Deskripsi indikator cukup untuk kriteria ketiga adalah siswa berani
bercerita di depan kelas dengan bantuan atau bimbingan dan terus menunduk.
Deskripsi indikator perlu bimbingan untuk kriteria ketiga adalah siswa berani
maju tetapi dengan rasa cemas suara yang sangat pelan terbata-bata dan terus
menunduk.
Setelah rubrik analitik
sudah dibuat kemudian kita membuat daftar cek untuk melakukan penilaian pada
siswa. Berikut ini adalah gambaran daftar cek untuk penilaian menggunakan
rubrik analitik. Pada daftar cek akan dibuat beberapa kolom seperti kolom
pertama diisikan dengan nomor di kolom kedua akan diisikan dengan nama siswa
yang akan dinilai kolom ketiga sampai ke-5 diisikan dengan skala pencapaian
kinerja 4 3 2 dan 1 sesuai dengan yang sudah kita buat sebelumnya.
Berikut ini merupakan
ilustrasi penggunaan rubrik untuk penilaian dalam suatu kegiatan belajar
mengajar di kelas. Bu Tina menerapkan metode belajar menggunakan media video
untuk membahas materi ciri-ciri hewan dan menugaskan siswa untuk menceritakan
kembali di depan kelas. Setelah kegiatan belajar mengajar tersebut Bu Tina
ingin menerapkan rubrik untuk menilai penampilan siswa saat menceritakan
kembali materi yang sudah ditonton sebelumnya. untuk menilai penampilan siswa
dalam menceritakan kembali, Bu Tina menyusun 3 kriteria penilaian yaitu
kemampuan mengutarakan jenis dan ciri-ciri hewan dari video, kelancaran dalam
bercerita, dan kepercayaan diri saat bercerita. Selanjutnya Bu Tina memanggil
salah satu siswa bernama Andi untuk menceritakan kembali materi yang sudah
mereka tonton tadi. Saat siswa tampil wajib bagi guru untuk mengamati dengan
baik apa yang disampaikan dan bagaimana cara siswa dalam menceritakan kembali
materi yang sedang dibahas sehingga setiap kategori penilaian dapat teramati
dengan baik.
Dari ilustrasi di atas
tampak bahwa siswa menceritakan kembali materi yang ia tonton dengan antusias
dan sangat baik. Setelah mengamati penampilan Andi selanjutnya Bu Tina mengisi
rubrik penilaian. Untuk kriteria 1 yaitu kemampuan mengutarakan jenis dan
ciri-ciri hewan dari video yang disampaikan oleh Andi disini Bu Tina memberikan
nilai pada skala 4 karena Andi mampu menyampaikan lima jenis dan ciri-ciri dari
ikan air tawar. Selanjutnya ke kriteria kedua yaitu kelancaran dalam bercerita
yang sudah dilakukan, Bu Tina memberikan nilai 4 karena Andi menyampaikan
ceritanya dengan penuh semangat, antusias dan ada kontak mata dengan siswa
lain. Pada kriteria 3 yang dinilai adalah kepercayaan diri Andi, ketika
bercerita Bu Tina memberikan nilai 3 karena Andi mampu bercerita tanpa
terbatas. Setelah selesai menilai penampilan Andi pada daftar penilaian Maka
selanjutnya kita akan konversikan ke dalam bentuk nilai.
Berikut ini adalah rumusnya, nilai sama dengan skor perolehan dibagi dengan skor maksimal dikalikan 100 maka nilai Andi untuk skor perolehan seperti berikut: kriteria 1 nilainya 4 kriteria 2 nilainya 4 dan kriteria 3 nilainya 3, kemudian untuk skor maksimalnya adalah 12 karena masing-masing kriteria berskala pencapaian kinerja 4, maka 4 skala pencapaian kinerja ini dikalikan 3 kriteria penilaian maka hasilnya 12, kemudian ini dikalikan 100 jadi skor perolehan yang didapat Andi adalah 11/12 * 100 hasilnya 91,6 maka nilai Andi dari menjelaskan jenis dan ciri-ciri ikan air tawar adalah 91,6.
Pada proses pembelajaran ada beberapa strategi yang dapat digunakan dalam penggunaan rubrik sebagai alat penilaian kegiatan belajar mengajar yaitu sebagai berikut:
Pertama adalah memulai dari hal kecil seperti membuat satu rubrik untuk satu tugas yang akan digunakan dalam satu semester.
Ketiga adalah memastikan
atribut penting atau garis besar tugas untuk pelajaran yang akan diajarkan ini
dapat diukur secara objektif.
Keempat adalah membuat
rentang evaluatif untuk kualitas kinerja seperti sangat baik baik cukup baik
dan perlu bimbingan.
Kelima yaitu tambahkan
deskriptor yang memenuhi syarat untuk setiap tingkat kinerja, hindari
menggunakan kriteria subjektif atau tidak jelas seperti menarik atau kreatif
kriteria harus dengan jelas membedakan satu tingkat kinerja dari yang lain tetapkan
skala numerik untuk setiap level.
Keenam yaitu berikan draft rubrik yang sudah dibuat kepada rekan kerja untuk mendapatkan umpan balik.
Ketujuh yaitu menerapkan
rubik yang sudah dibuat kepada siswa dan meminta umpan balik hal ini akan
membantu untuk menilai apakah rubrik sudah jelas bagi siswa.
Kedelapan adalah
merevisi rubrik yang sudah dibuat berdasarkan umpan balik yang diterima.
Rubrik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu dari sekian banyak alat penilaian yang cukup mudah dan dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran.
إرسال تعليق