Teknik-Teknik Penggunaan Rubrik untuk Penilaian

Untuk membuat rubrik analitik hal pertama yang perlu disiapkan adalah kriteria apa saja yang akan dinilai di dalam rubrik tersebut. perhatikan rubrik berikut ini yang dibuat untuk menilai kemampuan siswa dalam menjelaskan jenis dan ciri-ciri ikan air tawar berdasarkan contoh video yang yang ditayangkan oleh guru. 


Pada rubrik analitik terdapat tiga kriteria yang akan dinilai kriteria pertama yang akan dinilai adalah kemampuan mengutarakan jenis dan ciri-ciri ikan air tawar, kemudian kriteria kedua yang akan dinilai adalah kelancaran dalam bercerita, dan kriteria terakhir yang akan dinilai adalah kepercayaan diri saat bercerita. Setelah selesai menentukan kriteria yang akan dinilai langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah tingkat kualitas dalam rubrik ini kita akan menggunakan 4 skala pencapaian kinerja, yaitu sangat baik dengan poin 4, baik dengan poin 3, cukup dengan poin 2, dan perlu bimbingan dengan poin 1. Langkah selanjutnya adalah kita deskripsikan indikator apa yang melandaskan skala pencapaian kinerja yang sudah kita buat sebelumnya. Pertama deskripsi indikator sangat baik untuk kriteria pertama yang dinilai adalah siswa mampu menjelaskan 5 jenis dan ciri-ciri dari ikan air tawar, kemudian deskripsi indikator baik untuk kriteria pertama yang dinilai adalah siswa mampu menjelaskan 4 jenis dan ciri-ciri ikan air tawar, deskripsi indikator cukup untuk kriteria pertama adalah siswa mampu Menjelaskan tiga jenis dan ciri-ciri ikan air tawar, deskripsi indikator perlu bimbingan untuk kriteria pertama adalah siswa hanya mampu menjelaskan satu jenis dan ciri-ciri dari ikan air tawar.


 

Deskripsi indikator kriteria pertama sudah selesai dibuat selanjutnya kita buat deskripsi indikator untuk kriteria kedua. Deskripsi indikator sangat baik untuk kriteria kedua adalah seluruh cerita disampaikan dengan penuh semangat antusias, jelas dan menggunakan kontak mata dengan siswa lain yang mendengarkan. Deskripsi indikator baik untuk kriteria kedua adalah setengah bagian cerita yang disampaikan dengan jelas, intonasi yang tepat dan menggunakan kontak mata dengan siswa yang mendengarkan. Deskripsi indikator cukup untuk kriteria kedua adalah menceritakan dengan cukup jelas namun dengan intonasi datar dan kurang menjaga kontak mata dengan siswa lain yang mendengarkan. Deskripsi indikator perlu bimbingan untuk kriteria kedua adalah berbicara dengan rasa cemas tidak nyaman dan tidak ada kontak mata karena pembicara hanya menunduk.


 

Deskripsi indikator kriteria kedua sudah selesai dibuat selanjutnya kita buat deskripsi indikator untuk kriteria ketiga. Deskripsi indikator sangat baik untuk kriteria ketiga adalah siswa sangat percaya diri untuk bercerita dan tidak ragu-ragu. Deskripsi indikator baik untuk kriteria ketiga adalah siswa sangat percaya diri untuk bercerita dan tidak ragu-ragu. Deskripsi indikator baik untuk kriteria ketiga adalah siswa mampu berbicara dengan tidak terbata-bata tenang dan tidak canggung. Deskripsi indikator cukup untuk kriteria ketiga adalah siswa berani bercerita di depan kelas dengan bantuan atau bimbingan dan terus menunduk. Deskripsi indikator perlu bimbingan untuk kriteria ketiga adalah siswa berani maju tetapi dengan rasa cemas suara yang sangat pelan terbata-bata dan terus menunduk.


 

Setelah rubrik analitik sudah dibuat kemudian kita membuat daftar cek untuk melakukan penilaian pada siswa. Berikut ini adalah gambaran daftar cek untuk penilaian menggunakan rubrik analitik. Pada daftar cek akan dibuat beberapa kolom seperti kolom pertama diisikan dengan nomor di kolom kedua akan diisikan dengan nama siswa yang akan dinilai kolom ketiga sampai ke-5 diisikan dengan skala pencapaian kinerja 4 3 2 dan 1 sesuai dengan yang sudah kita buat sebelumnya. 


Berikut ini merupakan ilustrasi penggunaan rubrik untuk penilaian dalam suatu kegiatan belajar mengajar di kelas. Bu Tina menerapkan metode belajar menggunakan media video untuk membahas materi ciri-ciri hewan dan menugaskan siswa untuk menceritakan kembali di depan kelas. Setelah kegiatan belajar mengajar tersebut Bu Tina ingin menerapkan rubrik untuk menilai penampilan siswa saat menceritakan kembali materi yang sudah ditonton sebelumnya. untuk menilai penampilan siswa dalam menceritakan kembali, Bu Tina menyusun 3 kriteria penilaian yaitu kemampuan mengutarakan jenis dan ciri-ciri hewan dari video, kelancaran dalam bercerita, dan kepercayaan diri saat bercerita. Selanjutnya Bu Tina memanggil salah satu siswa bernama Andi untuk menceritakan kembali materi yang sudah mereka tonton tadi. Saat siswa tampil wajib bagi guru untuk mengamati dengan baik apa yang disampaikan dan bagaimana cara siswa dalam menceritakan kembali materi yang sedang dibahas sehingga setiap kategori penilaian dapat teramati dengan baik.




Dari ilustrasi di atas tampak bahwa siswa menceritakan kembali materi yang ia tonton dengan antusias dan sangat baik. Setelah mengamati penampilan Andi selanjutnya Bu Tina mengisi rubrik penilaian. Untuk kriteria 1 yaitu kemampuan mengutarakan jenis dan ciri-ciri hewan dari video yang disampaikan oleh Andi disini Bu Tina memberikan nilai pada skala 4 karena Andi mampu menyampaikan lima jenis dan ciri-ciri dari ikan air tawar. Selanjutnya ke kriteria kedua yaitu kelancaran dalam bercerita yang sudah dilakukan, Bu Tina memberikan nilai 4 karena Andi menyampaikan ceritanya dengan penuh semangat, antusias dan ada kontak mata dengan siswa lain. Pada kriteria 3 yang dinilai adalah kepercayaan diri Andi, ketika bercerita Bu Tina memberikan nilai 3 karena Andi mampu bercerita tanpa terbatas. Setelah selesai menilai penampilan Andi pada daftar penilaian Maka selanjutnya kita akan konversikan ke dalam bentuk nilai.

 

Berikut ini adalah rumusnya, nilai sama dengan skor perolehan dibagi dengan skor maksimal dikalikan 100 maka nilai Andi untuk skor perolehan seperti berikut: kriteria 1 nilainya 4 kriteria 2 nilainya 4 dan kriteria 3 nilainya 3, kemudian untuk skor maksimalnya adalah 12 karena masing-masing kriteria berskala pencapaian kinerja 4, maka 4 skala pencapaian kinerja ini dikalikan 3 kriteria penilaian maka hasilnya 12, kemudian ini dikalikan 100 jadi skor perolehan yang didapat Andi adalah 11/12 * 100 hasilnya 91,6 maka nilai Andi dari menjelaskan jenis dan ciri-ciri ikan air tawar adalah 91,6.



Pada proses pembelajaran ada beberapa strategi  yang dapat digunakan dalam penggunaan rubrik sebagai alat penilaian kegiatan belajar mengajar yaitu sebagai berikut: 

Pertama adalah memulai dari hal kecil seperti membuat satu rubrik untuk satu tugas yang akan digunakan dalam satu semester. 



Kedua tanyakan rekan kerja apakah mereka telah mengembangkan rubrik untuk tugas serupa atau rubrik yang diadaptasi secara daring atau online. 

Ketiga adalah memastikan atribut penting atau garis besar tugas untuk pelajaran yang akan diajarkan ini dapat diukur secara objektif.


 

Keempat adalah membuat rentang evaluatif untuk kualitas kinerja seperti sangat baik baik cukup baik dan perlu bimbingan.


 

Kelima yaitu tambahkan deskriptor yang memenuhi syarat untuk setiap tingkat kinerja, hindari menggunakan kriteria subjektif atau tidak jelas seperti menarik atau kreatif kriteria harus dengan jelas membedakan satu tingkat kinerja dari yang lain tetapkan skala numerik untuk setiap level.


 

Keenam yaitu berikan draft rubrik yang sudah dibuat kepada rekan kerja untuk mendapatkan umpan balik.


 

Ketujuh yaitu menerapkan rubik yang sudah dibuat kepada siswa dan meminta umpan balik hal ini akan membantu untuk menilai apakah rubrik sudah jelas bagi siswa.


 

Kedelapan adalah merevisi rubrik yang sudah dibuat berdasarkan umpan balik yang diterima.


Rubrik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu dari sekian banyak alat penilaian yang cukup mudah dan dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran. 

BACA JUGA:

Post a Comment

أحدث أقدم